Berita Riau

KPID Akui Sejumlah Wilayah Riau Lebih Mudah Akses Siaran Negeri Jiran

Masyarakat sejumlah wilayah di Provinsi Riau ternyata belum dapat mengakses siaran TV atau radio lokal.

KPID Akui Sejumlah Wilayah Riau Lebih Mudah Akses Siaran Negeri Jiran
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Kepala Program dan Pengembangan Usaha LPP TVRI Riau-Kepri, Suardi Camong menandatangani nota kesepahaman bersama Presiden Direktur Ninmedia, Rahadi Arsyad, Kamis (14/3/2019). Kepala Stasiun LPP TVRI Riau-Kepri, Syarifuddin dan Wakil Ketua KPID Riau, Hisam Setiawan menyaksikan nota kesepahaman tersebut. 

KPID Akui Sejumlah Wilayah Riau Lebih Mudah Akses Siaran Negeri Jiran

TRIBUNPEKANBARU.COM, TRIBUN - Masyarakat sejumlah wilayah di Provinsi Riau ternyata belum dapat mengakses siaran TV atau radio lokal. Mereka lebih mudah mengakses siaran dari negara tetangga.

Adanya gempuran siaran negeri jiran memang tidak berdampak dalam jangka pendek. Ada dampak jangka panjang dengan maraknya gempuran siaran negara tetangga daripada siaran lokal. Kondisi ini harus diantisipasi.

Baca: 14 Desa di Wilayahnya Belum Tersentuh Internet, Kepala Diskominfo Rohul Riau Beberkan Alasannya

Lembaga penyiaran di daerah pun didorong untuk meningkatkan jangkauan siarannya. Masyarakat harus bisa memperoleh siaran lokal dengan mudah.

"Masyarakat berhak memperoleh akses siaran yang berkualitas, terutama siaran lokal," papar Wakil Ketua KPID Riau, Hisam Setiawan, Kamis (14/3/2019) di sela penandatangan nota kesepahaman TVRI Riau dan Ninmedia.

Hisam menyebut satu bahwa TVRI sebagai satu Lembaga Penyiaran Publik (LPP) mesti meningkatkan jangkauan siaran. Ia menilai masyarakat butuh informasi dan hiburan dari LPP.

Namun siaran TVRI Riau belum bisa menjangkau sejumlah wilayah di Riau. Ada sejumlah daerah yang belum dapat akses siaran lokal TVRI. Mereka cuma bisa mendapat siaran dari TVRI pusat.

Distribusi informasi lokal ini seharusnya bisa mencakup seluruh wilayah Riau. Ia menanggapi kerjasama sebagai hal positif.

Baca: 5 Fakta 52 Warga Ponorogo Jual Harta, Rumah dan Pindah karena Termakan Isu Kiamat

Adanya nota kesepahaman ini bisa meningkatkan siaran dari LPP.

Masyarakat semakin mudah mengakses siaran lokal. Masyrakat sangat butuh siaran lokal berupa informasi, hiburan dan program siaran lainnya.

"Ini jadi inisiatif agar masyarakat bisa mengakses informasi lewat siaran digital," paparnya. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang).

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved