Rokan Hulu

Penyuluh Ujung Tombak Kegiatan Pertanian, Sukseskan Program Upsus Pajale 2019

Program upaya khusus (upsus) peningkatan padi, jagung dan kedele (pajale), akan dimaksimalkan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Rohul.

Penyuluh Ujung Tombak Kegiatan Pertanian, Sukseskan Program Upsus Pajale 2019
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Panen Jagung Hibrida di Rokan Hulu. Tahun ini Dinas TPH maksimalkan peran penyuluh untuk sukseskan program Upsus Pajale. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Program upaya khusus (upsus) peningkatan padi, jagung dan kedele (pajale), akan dimaksimalkan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP, MMA mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan rapat rutin bersama seluruh koordinator penyuluh, tingkat kecamatan, dengan upaya memaksimalkan kegiatan 2019 yakni, upsus pajale.

Menurutnya, rapat rutin ini sangat penting dilaksanakan untuk memaksimalkan program upsus pajale, sehingga tanaman padi, jagung, dan kedele bisa ditanam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Penananman sesuai jadwal sangat menentukan hasil yang akan diperoleh, kalau sudah melewati jadwal tentunya hasil bisa tidak maksimal," katanya, Kamis (14/3/2019).

Mubrizal mengungkapkan, rapat yang dihadiri oleh koordinator penyuluh seluruh kecamatan, diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada seluruh penyuluh untuk memaksimalkan laporan dilapangan.

Penyuluh merupakan ujung tombak dari pada kegiatan pertanian di tingkat lapangan. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh koordinator untuk mengarahkan penyuluh membuat jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan.

Mubrizal menerangkan, untuk padi sawah, jagung, dan kedelai, penanaman dijadwalkan Maret dan April 2019. Sedangkan padi gogo akan ditanam Agustus mendatang.

Untuk 2019, penanaman jagung di Rohul diperkirakan seluas 1.500 hektare, padi gogo sekitar 4.795 hektare, padi sawah 1.000 hektare, dan 50 hektarE untuk kedelai.

Mubrizal berharap, koordinator dan penyuluh bisa memaksimalkan peranya dalam mensukseska program upsus pajale, sehingga program pemerintah ini bisa dirasakan oleh masyarakat. (Tribunpekanbaru/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved