Indragiri Hilir

PRCPB Kodim Inhil dan BPBD Inhil Gelar Latihan Gabungan Tanggap Bencana

Tim PRCPB) Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Inhil bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil melaksanakan latihan atasi bencana

PRCPB Kodim Inhil dan BPBD Inhil Gelar Latihan Gabungan Tanggap Bencana
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadli
PRCPB Kodim Inhil dan BPBD Inhil Gelar Latihan Gabungan Tanggap Bencana 

PRCPB Kodim Inhil dan BPBD Inhil Gelar Latihan Gabungan Tanggap Bencana

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN - Tim Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Inhil bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil melaksanakan latihan dalam upaya mengatasi bencana, Kamis (14/03/2019).

Dipimpin langsung oleh Kapten Inf Tarmizi selaku Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) kodim 0314/Inhil, latihan dimulai dengan simulasi tiap- tiap pos yang telah diberi materi pada hari pertama yang turut melibatkan BNPB dan Basarnas Inhil serta Kesehatan Lapangan (Kes Lap) Kodim Inhil.

“Melibatkan BNPB dan Basarnas ini guna mempersiapkan segala sesuatu agar nantinya di medan sebenarnya dapat melaksanakan tugas sesuai yang diharapkan dan mengurangi korban jiwa,” ujar Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Anrian siregar S.I.P melalui Pasi ops Kodim.

Baca: KISAH Cewek Cantik Berdarah MINANG Merantau di Pekanbaru, Kampanye Kebersihan dan DUTA Kampung Iklim

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Pekanbaru Peduli Kebersihan dan Lingkungan, Terpilih Jadi DUTA ASRI

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Riau Jadi Duta Ekonomi Syariah, Cerita Soal Bank Konvensional dan Syariah

Menurut Pasi Ops, dalam menghadapi segala situasi perlu disiapkan ketangkasan dan kesigapan untuk mengantisipasi jatuhnya banyak korban.

“Latihan simulasi ini sebagai bentuk OMSP (Oprasi Militer selain perang) yang dilaksanakan oleh Kodim 0314/Inhil salah satunya yaitu tanggap darurat bencana,” tuturnya.

Lebih lanjut, apabila ada bencana perlu dilaksanakan simulasi penanganan simulasi penanganan korban, antara lain yaitu, simulasi cara Water Rescue atau penyelamatan lewat air, simulasi cara Latihan pengenalan dasar repling dan snapling, simulasi cara penanganan asap, simulasi cara penolongan pembidaian patah tulang, simulasi cara menolong bantuan hidup dasar/RJP (Resusitasi Jantung Paru) serta simulasi cara penanggulangan bencana kebakaran.

“Tim yang sudah disiapkan ini, juga akan disiap siagakan dalam menghadapi berbagai bencana di Inhil disamping tugas pokok TNI sebagai garda terdepan Pertahanan TNI,” pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/TM Fadli)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved