Rokan Hulu

Rokan Hulu Masuk MUSIM TANAM Padi Sawah, Jagung dan Kedelai, Ada 7.345 Hektar Lahan akan Ditanami

Rokan Hulu akan memasuki musim tanam padi sawah, jagung, dan kedelai pada bulan MAret dan April mendatang, ada 7.345 hektar lahan akan ditanami

Rokan Hulu Masuk MUSIM TANAM Padi Sawah, Jagung dan Kedelai, Ada 7.345 Hektar Lahan akan Ditanami
istimewa
Rokan Hulu Masuk MUSIM TANAM Padi Sawah, Jagung dan Kedelai, Ada 7.345 Hektar Lahan akan Ditanami 

Rokan Hulu Masuk MUSIM TANAM Padi Sawah, Jagung, dan Kedelai, Ada 7.345 Hektar Lahan akan Ditanami

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Rokan Hulu akan memasuki musim tanam padi sawah, jagung, dan kedelai pada bulan MAret dan April mendatang, ada 7.345 hektar lahan akan ditanami.

Kegiatan ‎program Upaya Khusus (Upsus) Peningkatan Padi, Jagung dan Kedele (Pajale), akan dimaksimalkan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP, MMA, mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan rapat rutin bersama seluruh koordinator penyuluh, tingkat kecamatan, dengan upaya memaksimalkan kegiatan 2019 yakni, Upsus Pajale.

Baca: DISKON HARI INI, PLN Berikan Layanan Penuh DISKON untuk Tingkatkan Konsumsi Listrik Masyarakat

Baca: Warga MISKIN di Kepulauan Meranti akan Terima Rp 110.000 Per Bulan, Hanya Bisa Belanja di e-Warung

Baca: Pelipatan SURAT SUARA Pemilu 2019 di Kampar RICUH, Pekerja Minta Tambah Upah, Pelipatan Dihentikan

Menurutnya, rapat rutin ini sangat penting dilaksanakan untuk memaksimalkan program Upsus Pajale, sehingga baik itu tanaman padi, jagung, dan kedele bisa ditanam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Penananman sesuai jadwal sangat menentukan hasil yang akan diperoleh, kalau sudah melewati jadwal tentunya hasil bisa tidak maksimal," katanya, kamis (14/3/2019).

Mubrizal mengungkapkan, rapat yang dihadiri oleh koordinator penyuluh seluruh kecamatan, diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada seluruh penyuluh untuk memaksimalkan laporan dilapangan.

Ia mengaku, penyuluh merupakan ujung tombak dari pada kegiatan pertanian di tingkat lapangan, untuk itulah, ia meminta kepada seluruh koordinator untuk mengarahkan penyuluh membuat jadwal ‎kegiatan yang akan dilaksanakan.

"Laporan harus segera dilakaksanakan agar jadwal penanaman bisa terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," sebutnya.

Mubrizal menerangkan, untuk padi sawah, jagung, dan kedelai dijadwalkan penananamanya akan dilaksanakan di bulan Maret dan April, sedangkan untuk padi gogo akan ditanam di Agustus mendatang.

Baca: KISAH Cewek Cantik Berdarah MINANG Merantau di Pekanbaru, Kampanye Kebersihan dan DUTA Kampung Iklim

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Pekanbaru Peduli Kebersihan dan Lingkungan, Terpilih Jadi DUTA ASRI

Baca: CEWEK CANTIK Pekanbaru Kampanye Stop Bullying pada Anak, Miris Melihat Kasus Bullying di Sekolah

Lebihlanjutdijelaskanya, untuk 2019, penanaman jagung di kabupaten Rohul diperkirakan ‎seluas 1.500 hektare, padi gogo sekitar 4.795 hektare, padi sawah 1.000 hektare, dan 50 hektar untuk kedelai.

Mubrizal berharap, koordinator dan penyuluh bisa memaksimalkan peranya dalam mensukseska program Upsus Pajale, sehingga program pemerintah ini bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Saya berharap peran dari penyuluh lapangan bisa dimaksimalkan dalam mensukseskan program ini," pungkasnya.

Rokan Hulu Masuk MUSIM TANAM Padi Sawah, Jagung, dan Kedelai, Ada 7.345 Hektar Lahan akan Ditanami. (Tribunrohul.com/Donny Kusuma Putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved