1,5 Juta Surat Suara Tiba di Inhu, 280 Tenaga Pelipat Langsung Kerja

KPU Kabupaten Inhu menerima kedatangan dua truk yang membawa kiriman surat suara untuk pemilu 2019, April nanti.

1,5 Juta Surat Suara Tiba di Inhu, 280 Tenaga Pelipat Langsung Kerja
tribun pekanbaru
Dua petugas KPU Inhu menurunkan kotak-kotak yang berisi surat suara dari truk pengangkut, Jumat (15/3). 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu (Inhu) menerima kiriman surat suara dari KPU RI. Surat suara tersebut diangkut dua truk dari percetakan di Bogor.

Proses pengiriman surat suara ini memakan waktu empat hari, dan tiba di Kabupaten Inhu pada Jumat (15/3) dinihari. Setibanya di Inhu, muatan truk berupa surat suara langsung dibongkar di halaman kantor Kabupaten Inhu pada Jumat (15/3) pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida memimpin langsung proses pembongkaran muatan truk tersebut. Selain itu, pembongkaran juga disaksikan Wakapolres Inhu Kompol Roni Syahendra, Pasi Intel Kodim 0302 Inhu, Kapten (Inf) Yunasri, dan Kasi Intel Kejari Inhu, Bambang Dwi Saputra, serta Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Inhu, Dedy Risanto.

"Jumlah surat suara yang kita terima sebanyak 1.468.721 lembar," kata Yenni kepada Tribun.

Dijelaskan, menjelaskan pengiriman surat suara itu memang sempat mengalami keterlambatan. "Ada sedikit keterlambatan karena kendala teknis pada mobil pengangkut. Namun seluruh surat suara dalam kondisi aman sampai ke Inhu," kata Yeni.

Proses pembongkaran dimulai dengan pemotongan segel yang melekat pada truk. Di dalam truk surat suara disimpan rapi. Kemudian petugas yang sudah disiapkan oleh KPU Inhu, langsung menurunkan kotak-kotak yang berisi surat suara, untuk selanjutnya disimpan di dalam gudang yang masih satu areal dengan kantor KPU Inhu.

Aparat Kepolisian Polres Inhu yang bersenjata lengkap mengawal seluruh proses pembongkaran surat suara tersebut.

Yenni menyebutkan, proses pelipatan surat suara akan dimulai pada Sabtu (16/3). "Proses pelipatan akan dimulai besok. Kita sudah menyiapkan 280 petugas untuk melakukan pelipatan surat suara," terang Yenni.

Sebanyak 280 orang petugas pelipat surat suara tersebut akan dibagi dalam tiga shif kerja dalam satu hari. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved