Cabut Gigi Bukan Solusi untuk Masalah Gigi Berlubang

Sakit gigi memang sangat tidak nyaman dan bikin repot. Aktivitas akan sangat terganggu. Apalagi sakitnya sampai ke ubun-ubun.

Cabut Gigi Bukan Solusi untuk Masalah Gigi Berlubang
tribun pekanbaru
GIGI BERLUBANG - Seorang pasien tengah mendapat perawatan gigi berlubang di Klinik Callysta Dental Healthcare (CDH) di Jalan Hangtuah, Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sakit gigi memang sangat tidak nyaman dan bikin repot. Aktivitas akan sangat terganggu. Apalagi sakitnya sampai ke ubun-ubun.

Kebanyakan orang mengira sakit gigi cukup diatasi dengan mencabutnya sampai ke akar gigi.

drg Sonya Ajeng Husada mengungkap, cabut gigi bukan hal yang mutlak dilakukan. Meski gigi terlihat sudah berlubang, namun tidak mesti dicabut.

"Banyak pasien yang langsung minta dicabut ketika gigi sudah berlubang. Padahal belum tentu sakit gigi disebabkan gigi berlubang. Mestinya diteliti dan diagnosa dulu penyebab sakit gigi itu,” kata Sonya yang juga owner Klinik Callysta Dental Healthcare (CDH) di Jalan Hangtuah dekat SPBU, Pekanbaru, Minggu (10/3/2019).

Menurut Sonya, gigi berlubang kebanyakan disebabkan faktor anatomi. Setiap orang anatomi gigi berbeda-beda.

Dibedakan oleh lekukan pada gigi. Ia mengatakan, lekukan bisa menjadi tempat sisa makanan berdiam.

Itulah makanya, sikat gigi harus dilakukan secara benar dan optimal sebanyak dua kali sehari. Karena sisa makanan dapat merusak gigi yang menyebabkan berlubang.

Sonya menjelaskan tentang struktur gigi. Terdapat tiga lapisan gigi. Rasa sakit atau ngilu bisa disebabkan rusaknya lapisan email, lapisan dentin dan kamar pulpa. Lubang pada lapisan email sampai dentin, cukup ditambal saja.

Gigi berlubang pada lapisan email dan dentin dapat ditambal dengan sinar. Penambalan dengan sinar hanya jika mahkota gigi masih utuh.

Jika sudah rapuh atau pecah, maka harus diatasi dengan mahkota gigi.

Halaman
12
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved