Bawaslu Dumai Temukan Hampir 15 Ribu Lembar Surat Suara Rusak

Surat suara yang rusak itu di antaranya karena robek, bercak tinta, kabur, warna tak merat, dan berkerut.

Bawaslu Dumai Temukan Hampir 15 Ribu Lembar Surat Suara Rusak
tribun pekanbaru
Ketua KPU Dumai, Darwis, saat memeriksa kertas suara di gudang logistik KPU Dumai. Bawaslu Dumai menemukan sejumlah kertas suara rusak. 

tribunpekanbaru.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai menemukan hampir 15 ribu lembar surat suara Pemilu 2019 dalam kondisi rusak.

Ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menemukan sekitar 14.742 lembar kertas suara rusak selama pelipatan suara pada 12-14 Maret 2019.

Kerusakan kertas suara tersebut di antaranya 7.599 lembar kertas suara presiden dan wakil presiden, 4.009 lembar kertas suara DPD RI, dan 4.139 lembar kertas suara DPR RI.

"Rata-rata kertas suara yang rusak bentuknya sepertti robek, bercak tinta, kabur, warna tak merata, dan berkerut," terang Zulfan pada Minggu (17/3).

Dipaparkan, selama proses pelipatan suara pihaknya selalu melakukan pengawasan logistik surat suara, termasuk dalam proses pelipatan dan distribusi ke setiap TPS.

"Kita mengerahkan 25 petugas Bawaslu untuk melakukan pengawasan sepanjang proses pelipatan kertas suara," terangnya.

Terpisah, Ketua KPU Kota Dumai, Darwis, menjelaskan, setiap surat suara rusak sudah dipisah. "Setiap surat suara robek, baik terkena tinta akan dipisah sebagai surat suara rusak atau cacat," sebutnya.

Pemilu 2019 di Kota Dumai akan digelar serentak pada 840 TPS yang tersebar di 33 Kelurahan dan tujuh kecamatan.

Dengan jumlah pemilih tetap di Dumai mencapai 181.093 jiwa, KPU telah menerima distribusi surat suara sebanyak 928.302 lembar, yang dikemas dalam 1.583 kotak dan akan digunakan bersama 4.200 kotak suara berbahan karton pada pemilu nanti. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved