Rokan Hulu

Lapas Klas II B Pasir Pangaraian Rohul Riau Gelar Donor Darah, Sekaligus Pemeriksaan TBC dan HIV

Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian, menggelar kegiatan bakti sosial, yakni dengan menggelar donor darah sekaligus pemeriksaan TBC dan HIV

Lapas Klas II B Pasir Pangaraian Rohul Riau Gelar Donor Darah, Sekaligus Pemeriksaan TBC dan HIV
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian, menggelar kegiatan bakti sosial, yakni dengan menggelar donor darah sekaligus pemeriksaan Tuberclose satu TBC dan HIV, Jumat (15/3/2019) 

Lapas Klas II B Pasir Pangaraian Rohul Riau Gelar Donor Darah, Sekaligus Pemeriksaan TBC dan HIV

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian, menggelar kegiatan bakti sosial, yakni dengan menggelar donor darah sekaligus pemeriksaan Tuberclose satu TBC dan HIV.

Kegiatan bakti sosial ini dipusatkan di kafe Lapas kelas II B Pasirpangaraian, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sert Dinas Kesehatan Rohul, dihadiri Wakil Ketua Bidang Keorganisasian PMI Rohul Dahnil, pada Jumat (15/3/2019).

Kegaiatan bakti sosial tersebut diawali dengan senam massal, bersama seluruh pegawai Lapas Kelas II B, pejabat di jajaran Lapas, dilanjutkan donor darah dan pemeriksaan TBC dan HIV.

Baca: KTP El Belum Kunjung Cetak, Warga Bisa Datangi Loket Pengaduan Disdukcapil Pekanbaru

Kalapas Kelas II B Pasirpangaraian, Lukman mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk jiwa sosial dari pihak lapas Kelas II B Pasirpangaraian terhadap yang membutuhkan.

Ia menambahakan, dari Kegaiatan sosial donor darah ini, pihaknya berhasil mengumpulkan 23 kantong darah, hasil donor dari pegawai dan tamu undangan seperti pegawai BRI.

"Kita mengucapkan berterima kasih kepada PMI dan Dinas Kesehatan Rohul, yang sudah membantu serta memfasilitais kita hingga kegiatan berjalan dengan baik," katanya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan sosial ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah, sehingga masyarakat tidak kesulitan saat membutuhkan darah.

Saat ditanya, kegiatan ini dalam rangka apa, Lukman menagku, kegiatan ini rangakaian dari HUT Pemsayarakatan Ke- 55, sekaligus pihaknya melakukan pemeriksaan TBC dan HIV

"Donor darah yang kita lakukan juga kegiatan rutin kita, biasanya dua kali dalam setahun,dengan donor darah kita juga akan semakin sehat," ucapnya.

Sementara, Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Rohul, Irma Damilius mengatakan, bahwa Dinkes hanya memfasilitasi kegiatan pihak Lapas bersama PMI.

Baca: Debat Cawapres 2019 - Dalam 200 Hari, Sandiaga Uno Janji Selesaikan Akar Masalah BPJS dan JKN

Ia menambahaka, melalui kegiatan ini, pihaknya lakukan pemeriksaan air liur untuk mengetahui apakah terkena TBC serta sampel darah memastikan bebas HIV kepada warga binaan.

"Nantinya melalui kegiatan uang kiat laksanakan ini, juga mendukung progrm Pemerintah menberantas penyakit TBC termasuk HIV. Dengan begitu, kegiatan yang kita laksanakan agar nantinya bermanfaat ,"‎ pungkasnya. (Tribunrohul.com/Donny Kusuma Putra).

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved