Berita Riau

Padamkan Karhutla, Sudah 7 Juta Liter Air Disiramkan dari Udara

Kebakaran lahan di Riau masih terjadi hingga Minggu (17/3/2019).Petugas Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih berjibaku memadamkan api.

Padamkan Karhutla, Sudah 7 Juta Liter Air Disiramkan dari Udara
Ist
Pemadaman karhutla si TNTN Desa Air Hitam Kecamatan Ukui dibantu Helikopter Water Bombing. Api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan Kamis (3/8/2017). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kebakaran lahan di Riau masih terjadi hingga Minggu (17/3/2019).

Petugas Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih berjibaku memadamkan api di sejumlah lahan yang terbakar di Riau.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger saat dikonfirmasi Tribun mengungkapkan saat ini konsentrasi pemadaman kebakaran lahan dipusatkan di dua wilayah.

Yakni di wilayang Rangsang Kabupaten Meranti dan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

"Water bombing hari ini kita pusat di dua lokasi. Di Rangsang Meranti dan Siak Kecil Bengkalis. Ada dua dua heli yang kita kerahkan kesana untuk melakukan waterbombing," kata Edwar Sanger.

Baca: Waduh di Inhu Ada Murid Tendang dan Pukul Kepala Sekolahnya Sendiri

Baca: Jembatan Siak IV Bisa Dilewati Mulai Besok. Pengendara Dilarang Berhenti dan Selfie

Heli yang digunakan untuk melakukan pengeboman air melalui jalur udara di wilayah Meranti dan Bengkalis adalah heli type Bell 412 (PK-DAS) milik KLHK dan dan MI B bantuan dari BNPB.

Untuk MI 8 dikerahkan untuk melakukan water bombing di wilayah Rangsang, sedangkan heli type Bell di wilayah Siak Kecil Bengkalis.

"Kebakaran lahan di Rangsang lumayan besar, asapnya juga lumayan, makanya kita lakukan upaya pemadaman lewat jalur darat dan udara," ujarnya.

Baca: Perekaman Biometrik untuk Jemaah Calon Haji Riau Belum Dilakukan

Sementara untuk kegiatan penyemaian garam di awan atau Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada Minggu (17/3/2019) belum dilakukan.

Pihaknya masih menunggu informasi dari BMKG kapan potensi awan di wilayah Riau bisa dilakukan TMC.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved