Kampar

Pakai Aplikasi Android Ini Warga Kampar Riau Jadi Mudah dan Cepat Buat SIM Tak Perlu Antre di Loket

Program Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat hanya dengan mendownload Aplikasi Sim Ocu

Pakai Aplikasi Android Ini Warga Kampar Riau Jadi Mudah dan Cepat Buat SIM Tak Perlu Antre di Loket
TribunPekanbaru/Theo Rizky
Seorang warga tengah melakukan tes untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) C di Riau Safety Driving Centre (RSDC) Ditlantas Polda Riau, Pekanbaru, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Sejak diluncurkannya program Inovasi SIM Online, Cepat dan Mudah (SIM OCU) beberapa bulan lalu oleh Satlantas Polres Kampar, hingga kini program Aplikasi ini terus berjalan dan semakin banyak diakses oleh pemohon SIM pada Satuan Pelaksana Administrasi (Satpas) SIM Polres Kampar.

Program Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat hanya dengan mendownload Aplikasi Sim Ocu calon pemohon SIM bisa mendaftar dan mengisi formulir secara online sehingga tidak perlu antri di loket pendaftaran.

Kasatlantas Polres Kampar, AKP Fauzi, Minggu (17/3) mengatakan setelah pengisian formulir online secara lengkap dilakukan, pemohon SIM akan diberi kode verifikasi dan tinggal melapor ke Loket Pelayanan SIM di Satlantas Polres Kampar dengan menyerahkan dokumen berupa foto copy KTP, Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Lulus Tes Pisikologi dari Klinik Polres Kampar.

Baca: Bupati Kampar Riau Lantik 130 Pejabat di Lingkungan Pemkab Kampar, Ini Daftar Nama-namanya

Untuk pemohon SIM baru setelah langkah tersebut akan mengikuti ujian teori dan ujian praktek SIM.

Sementara untuk pemohon kategori perpanjangan bisa langsung melakukan foto SIM dan langsung menunggu pencetakan lisensi mengemudi tersehut.

Terkait pembayaran PNBP untuk SIM dengan sistem baru ini bisa dilakukan pada loket pendaftaran dengan petugas yang telah ditunjuk oleh pihak Bank penerima.

Untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan mengurus SIM, Satlantas Polres Kampar juga menyediakan mesin foto copy gratis bagi pemohon SIM.

"Semua Inovasi ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan SIM serta dapat menghemat waktu yang diperlukan," ucapnya.

Baca: Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto Kocok Kabinet, 12 Camat Berganti Ini Daftar Lengkapnya 

Bukan hanya itu, beberapa waktu lalu Satlantas Polres Kampar kembali meluncurkan Inovasi SIM Delivery Service.

Dengan ini pemohon SIM yang sudah selesai mengikuti proses pengurusan dapat kembali ke rumah atau tempat Kerjanya dan SIM yang bersangkutan akan diantarkan kealamatnya tanpa biaya tambahan.

Baca: Viral MEME LUCU Berbahasa Ocu Karya Anak Muda Riau dari Kampar, Video dari Film Dijadikan Meme Kocak

"Untuk SIM Delivery Service, saat ini baru melayani untuk pemohon yang berasal dari wilayah Kota Bangkinang dan beberapa Kecamatan terdekat saja dengan jarak yang tidak terlalu jauh,"

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Diharapkan dengan adanya Inovasi ini akan lebih meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalulintas.(Tribunpekanbaru.com/Ikhwanul Rubby)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved