Koramil Pulau Burung, Inhil, Padamkan Karhutla di Kebun Warga

Bersama dengan warga, perusahaan, dan kepolisian, pemadaman dilakukan pada lahan warga yang hangus sekitar lima hektare.

Koramil Pulau Burung, Inhil, Padamkan Karhutla di Kebun Warga
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla. 

tribunpekanbaru.com - Areal kebun kelapa dan kebun karet milik masyarakat di Kecamatan Pulau Burung, Sabtu (16/3) lalu mengalamai kebakaran. Pihak Koramil 11 Pulau Burung langsung melakukan tindakan pemadaman dan pendinginan.

Dengan menempuh jarak sekitar 5 Km dari Koramil 11 Pulau Burung, petugas Koramil dibantu oleh pihak terkait lainnya seperti PT RSUP, kecamatan, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan polisi, pemadaman langsung dilakukan bersama-sama.

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu diketahui menghanguskan lahan seluas lebih kurang 5 hektare.

Danramil 11 Pulau Burung, Kapten (Inf) Ujang Z menuturkan, tim gabungan yang turun di lokasi karhutla itu melakukan pemadaman serta membuat sumur untuk sumber air. Mereka juga membuat embung dengan menggunakan alat berat milik PT RSUP, serta mengisolasi lahan agar api tidak meluas.

“Alat yang digunakan di antaranya tiga mesin Robin, satu unit mesin apung dan selang 30 gulung. Upaya lain yang dilakukan untuk mendapatkan sumber air, di antaranya membuat sekat kanal, membuat embung di lokasi karhutla, jumlah embung untuk penyiraman ini ada tiga buah,” ujar Kapten Ujang.

Saat ini kondisi api telah padam. Menurut Kapten Ujang, hanya tersisa bara dan asap dari sisa kebakaran. Namun bila ditiup angin, kemungkinan api akan hidup kembali dan bisa saja kembali membesar.

“Untuk kendala dan hambatan di antaranya akses lokasi yang sulit, angin kencang, cuaca panas, serta sumber air cukup sulit,” terangnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved