Total 16.785 Lembar Surat Suara Rusak di KPU Dumai

Bawaslu Dumai menemukan belasan ribu surat suara rusak. Kebanyakan yang rusak adalah surat suara untuk DPD RI.

Total 16.785 Lembar Surat Suara Rusak di KPU Dumai
Internet
Ilustrasi 

tribunpekanbaru.com - Bawaslu Kota Dumai memperbarui temuan data tentang kertas suara pemilu 2019 yang rusak di KPU Dumai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pada Senin (18/3), jumlah kertas suara rusak yang ditemukan oleh Bawaslu Dumai, jumlahnya mencapai angka 16.785 lembar surat suara.

Jumlah tersebut terdiri dari 4.139 lembar surat suara untuk DPD, 7.569 lembar surat suara capres dan cawapres, 4.009 lembar surat suara untuk DPR RI Dapil Riau I, dan 640 lembar surat suara DPRD Provinsi Riau Dapil V.

Ketua Bawaslu Dumai, Zulfan, menyebut, rata-rata kertas surat suara yang rusak itu karena bercak tinta, robek, maupun kabur dan bernoda.

"Kertas surat suara yang rusak tersebut saat ini sudah kita pisahkan, dan akan ditindaklanjuti untuk dimusnahkan," sebutnya.

Dalam proses pengawasan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Dumai, Bawaslu turut mengirimkan 25 orang petugas pengawas.

"Masing-masing petugas kita ambil dari Bawaslu Dumai, Panwascam, dan lain-lain, untuk mengawasi proses pelipatan surat suara dari awal hingga selesai nanti," terangnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved