Di Darat Masih Cerah, Kabut Asap Tipis Muncul di Perairan Bengkalis

Munculnya beberapa titik karhutla dalam beberapa hari terakhir, membuat kabut asap tipis mulai terlihat di kawasan laut.

Di Darat Masih Cerah, Kabut Asap Tipis Muncul di Perairan Bengkalis
Tribunpekanbaru/MNatsir
Kondisi Kota Bengkalis masih cerah tidak tertutup kabut asap. Namun di perairan kabut asap tipis mulai muncul. 

tribunpekanbaru.com - Meskipun titik kebakaran lahan di Pulau Bengkalis bermunculan, namun belum berdampak terhadap kondisi kualitas udara di Bengkalis yang masih cerah dan panas.

Jarak Pandang pun terlihat normal dan kondisi awan dan langit masih terlihat jelas. Kegiatan warga Bengkalis juga masih berjalan seperti biasa, belum ada warga menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Meskipun kondisi cerah di Kota Bengkalis, namun berbeda kondisi di perairan Selat Bengkalis. Kabut asap tipis mulai kelihatan di tengah laut. Daratan pulau Sumatra biasanya terlihat jelas di siang hari, kini mulai terlihat samar.

Kabut tipis di perairan Selat Bengkalis ini dibenarkan Isap, nelayan asal Bukit Batu yang mencari ikan di perairan tersebut. Menurut dia, kabut asap di perairan ini sudah terjadi beberapa hari. Isap dan nelayan lain mengaku asap mempengaruhi aktivitasnya melaut sejak beberapa malam terakhir.

"Memang berkabut, Pulau Bengkalis juga tidak nampak kalau kita di laut melakukan pencarian ikan di malam hari," ungkapnya.

Meskipun berkabut, nelayan Bukit Batu ini tetap melaut setiap malam. Hanya saja melaut tidak berani terlalu jauh. "Sejak kabut asap kita tidak berani terlalu ke tengah, takut menabrak juga karena kondisi berkabut," tambahnya.

Kabut asap tipis di perairan Bengkalis dibenarkan KSOP Bengkalis, dan sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. "Namun sampai saat ini belum menganggu pelayaran di perairan Bengkalis. Kondisi pelayaran masih normal," terang Kepala Tata Usaha KSOP Bengkalis, Syafrizal, kepada Tribun Rabu (20/3).

Menurut dia jarak pandang kapal juga masih normal, sehingga belum ada keluhan dari nakhoda kapal yang berlayar. "Jarak pandang masih baik sampai saat ini. Kita belum ada kita terima laporan dari nakhoda terkait kesulitan dalam berlayar di perairan Bengkalis," terangnya.

Meskipun normal, KSOP Bengkalis mengimbau nakhoda kapal untuk terus berhati-hati berlayar di perairan Bengkalis. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk berlayar, agar jangan dipaksakan. (sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved