Dumai

Kabut Asap Pekat Selimuti Dumai Riau, Air Jadi Kendala Padamkan Kebakaran Lahan

Faktor keterbatasan sumber air dan lokasi yang tak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat membuat kerja pemadaman menjadi lebih sulit.

Kabut Asap Pekat Selimuti Dumai Riau, Air Jadi Kendala Padamkan Kebakaran Lahan
Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan
Ratusan Personil Gabungan Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan atau KARHUTLA di Dumai 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Kabut asap pekat masih menyelimuti Kota Dumai pada Hari Rabu (20/3/2019). Asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai itu diperkirakan sudah mencapai angka 32,5 Hektar berdasarkan informasi dari BPBD Dumai.

Disampaikan oleh Ka BPBD Dumai Afrilagan, sejumlah kebakaran lahan terjadi di Kota Dumai, seperti di Jalan Tuanku Tambusai Perum Dumai Baru seluas 1,5 Ha dan Jalan Datuk Madan Kelurahan Tanjung Palas seluas 1 Ha.

Kemudian hal serupa juga terjadi di  Jalan Atan Jalaluddin Kelurahan Teluk Makmur seluas 2 Ha, Jalan Parit Ibrahim Kelurahan Guntung seluas 5 Ha dan Jalan Parit Masjid Kelurahan Gungung seluas 3 Ha.

Baca: Anak-Anak Desa Koto Aman Mulai Sakit, Ketua Lembaga Adat Tapung ; Warga Tak Lagi Punya Lahan Bertani

Tak hanya itu, sejumlah kebakaran juga terjadi di Jalan Parit I Kelurahan Bangsal Aceh seluas 15 Ha, Jalan Pelajar Kelurahan Guntung seluas 5 Ha, Jalan Budi Arif Mekar Sari seluas 0,5 Ha, jalan Arifin Ahmad Kelurahan Tanjung Palas seluas 2 Ha dan Jalan Pelajar Kelurahan Guntung seluas 5 Ha.

"Memang masih terjadi kebakaran lahan saat ini di Kota Dumai. Tim di lapangan juga tengah melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi," kata Afrilagan.

Dia menjelaskan, faktor keterbatasan sumber air dan lokasi yang tak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat membuat kerja pemadaman menjadi lebih sulit.

"Kesulitan utama itu sumber air. Jika jarak masih bisa kita usahakan, namun sumber air memang sangat sulit sekali dicari di lokasi kebakaran," tutupnya.(Tribunpekanbaru.com/Syahrul Ramadhan)

Penulis: Syahrul
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved