Jarak Pandang di Bawah 1.000 Meter, Satu Pesawat di Bandara Dumai Batal Terbang

Otoritas Bandara Pinang Kampai Dumai, membatalkan keberangkatan satu pesawat tujuan Medan karena kabut asap membuat jarak pandang terbatas.

Jarak Pandang di Bawah 1.000 Meter, Satu Pesawat di Bandara Dumai Batal Terbang
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Kabut asap di Pekanbaru beberapa waktu lalu. Satu penerbangan di Bandara Pinang Kampai Dumai terpaksa dibatalkan karena kabut asap membuat jarak pandang terbatas. 

tribunpekanbaru.com - Satu penerbangan pesawat di Bandara Pinang Kampai, Dumai, batal berangkat pada Kamis (21/3/) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Pembatalan penerbangan ini terjadi karena jarak pandang yang rendah sehingga membahayakan penerbangan.

Disampaikan oleh Koordinator Satuan Pelaksana Bandara Pinang Kampai Dumai, Irvan, pembatalan dilakukan setelah dikeluarkannya notam oleh Air Navigation terkait jarak pandang yang di bawah 1.000 meter.

"Jarak pandang yang ada sangat rendah, yakni di bawah 1.000 meter. Jadi kita mengusulkan pembatalan keberangkatan pesawat," ungkapnya.

Pembatalan jadwal terbang tersebut terjadi pada maskapai Wings Air dengan seharusnya berangkat dari Dumai menuju Medan.

Irvan menegaskan, pihaknya masih mengutamakan keselamatan penerbangan di musim kabut asap seperti sekarang ini.

"Isu keselamatan selalu kita utamakan. Jika forecast cuaca tidak mendukung, maka kita tidak akan memaksakan satu penerbangan pun dilakukan. Demikian pula berlaku bagi pesawat yang akan mendarat di Dumai," katanya.

Ditambahkan, kondisi kabut dan jarak pandang pada Kamis pagi kemarin tidak bersifat permanen. Pada penerbangan selanjutnya, pihak bandara Pinang Kampai akan berpatokan pada kondisi udara dan kelayakan serta keselamatan penerbangan.

"Jika besok (hari ini) masih belum membaik, tidak menutup kemungkinan kita akan lakukan tindakan yang sama. Namun hal itu belum bisa diperkirakan sekarang," terangnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved