KPU Inhil Optimistis Bisa Tepat Waktu Distribusikan Logistik Pemilu

Daerah di Inhil banyak yang harus ditempuh dengan kapal karena berada di pulau. Namun KPU Inhil yakin bisa mengirim logistik pemilu tepat waktu.

KPU Inhil Optimistis Bisa Tepat Waktu Distribusikan Logistik Pemilu
tribun pekanbaru
Tumpukan surat suara Pemilu 2019 di gudang KPU Inhil. 

tribunpekanbaru.com - Sulitnya kondisi geografis Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang terdiri dari pulau-pulau dan hanya bisa ditempuh menggunakan jalur laut, tidak menyurutkan semangat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhil dalam mendistribusikan surat suara dan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) lainnya.

KPU Inhil optimistis semua surat suara, kotak suara, dan alat peraga lainnya akan bisa didistribusikan tepat waktu.

“Kita optimistis pelipatan surat suara akan selesai tepat waktu, sehingga pendistribusian bisa di lakukan secepatnya sesuai jadwal dan kondisi yang ada,” ujar Ketua KPU Inhil, Herdian Asmi melalui Komisioner KPU Inhil, Nahrawi SAg, Kamis (21/3).

Nahrawi menjelaskan, berdasarkan instruksi dari KPU Pusat, paling cepat seluruh keperluan pemilu didistribusikan pada H–10, dan paling lambat H–7 ke kecamatan, serta dari PPK ke TPS minimal pada H–3.

Namun untuk pendistribusian, menurut Nahrawi, akan melihat kondisi di lapangan, mengingat adanya usulan dari Komisioner KPU lainnya agar tidak terlalu lama meletakkan logistik pemilu di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kita liat kondisi lah. Karena beberapa ada yang minta pada H-5 kalau bisa sudah di PPK, karena KPU ke PPK minimal H–3, dari PPK ke TPS minimal satu hari kan. Yang jelas tanggal 16 April semua logistik sudah harus sampai di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” tutur Nahrawi.

KPU Inhil sendiri menerima surat suara di Tembilahan pada Sabtu (16/3) lalu. Nahrawi menyebut, seluruh surat suara itu sudah datang seluruhnya, sesuai kebutuhan pemilu di Inhil. Saat ini, surat suara tersebut berada di venue futsal Tembilahan. Sedangkan pelipatan surat suara sudah dimulai sejak Minggu (17/3).

“Begitu datang, besoknya langsung dilakukan pelipatan. Lebih dari 300 orang kita libatkan untuk pelipatan surat suara ini, mereka dari masyarakat sekitar,” jelas Nahrawi lagi. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved