Indragiri Hulu

Warga Inhu Bersyukur Hujan Usir Asap, Hotspot di Pelalawan Berkurang dari 37 Menjadi 19

Hujan yang turun di sejumlah wilayah membantu mengusir asap yang sebelumnya menyelimuti Rengat, Kabupaten Inhu dua hari belakangan.

Warga Inhu Bersyukur Hujan Usir Asap, Hotspot di Pelalawan Berkurang dari 37 Menjadi 19
Istimewa
Anggota KPBD Inhu melakukan pemadaman di areal yang terbakar di Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat, Kamis (21/3/2019). 

TRIBUNINHU, RENGAT - Hujan yang turun di sejumlah wilayah membantu mengusir asap yang sebelumnya menyelimuti Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) selama dua hari belakangan.

Begitu juga di Kabupaten Pelalawan, hujan membantu pemadaman karhutla dan mengurangi jumlah titik api yang sebelumnya 37 menjadi 19, Kamis (21/3).

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Inhu, Widodo menjelaskan, lahan di Inhu yang terbakar sudah mencapai kurang lebih 40 hektare.

Kondisi lahan gambut, ditambah lagi semak-semak membuat kebakaran dengan cepat meluas.
Widodo mencontohkan lahan terbakar di Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat.

Sudah sepekan tim berupaya memadamkan api, namun selalu muncul kembali. Pemadaman sulit dilakukan karena kondisi lahan gambut dan ditumbuhi semak belukar, sehingga api dengan cepat meluas.

"Lahan gambut ditambah lagi lahan itu ditumbuhi tanaman pakis, yang di bawahnya kering sehingga api cepat melebar," kata Widodo.

Ia juga mengakui bahwa lokasi lahan terbakar terlambat terdeteksi. Sehingga api sudah meluas, baru terlacak oleh satelit. Akibatnya luas lahan yang terbakar sulit untuk dipadamkan.

Berkat hujan, sejumlah kawasan yang terbakar bisa dipadamkan.

"Hujan pagi tadi cukup membantu pemadaman kita," kata Widodo.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio menjelaskan, Kamis kemarin terdeteksi 19 titik hotspot. Jauh berkurang dari sehari sebelumnya, Rabu (20/3) sebanyak 37.

Halaman
123
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved