Berita Riau

Serahkan Laporan Keuangan ke BPK, Gubri Pastikan Masih Ada Temuan 2017 yang Belum Tuntas

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ternyata belum menindaklanjuti seluruh temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap LHP tahun 2017 lalu.

Serahkan Laporan Keuangan ke BPK, Gubri Pastikan Masih Ada Temuan 2017 yang Belum Tuntas
Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgio
TEMUAN BPK Atas LKPD Masih Ada yang Belum Ditindaklanjuti Pemprov Riau, Gubernur akan Kumpulkan OPD 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ternyata belum menindaklanjuti seluruh temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan tahun anggaran 2017.

Padahal seharusnya temuan tersebut harus tuntas di tahun 2018 lalu.

"Masih ada yang belum, sudah saya sampaikan ke Pak Sekda agar segera mengumpulan kan OPD. Kalau bisa minggu depan diusahakan ada rapat bersama OPD yang terkait dengan temuan BPK itu," kata Gubernur Riau, Syamsuar usai menyampaian laporan keuangan Pemprov Riau tahun anggaran 2018 di Kantor BPK Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru, Jumat (22/3/2019).

Namun Gubri tidak merincikan apa temuan yang dimaksud dan OPD mana saja yang belum menindaklanjuti temuan BPK tersebut.

Baca: Hadapi UN, Ada SMK di Pelalawan yang Bakal Numpang Ujian di Sekolah Lain

Baca: Dosen-dosen Universitas Abdurrab Dimotivasi Menangkan Dana Hibah Penelitian

Seperti diketahui, Gubri Syamsuar bersama Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dan Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018.

LKPD Pemprov Riau diterima langsung Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, Ipoeng Andjar Wasita.

"Nanti BPK (bulan) Maret akan turun melakukan pemeriksaan sesuai dengan laporan keuangan yang sudah kita sampaikan," ujarnya.

Baca: PLN Rengat Siagakan 230 Petugas untuk UNBK dan Pemilu 2019

Gubri optimis, tahun ini Pemprov Riau bisa mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Riau.

"Harapan kami tentunya mudah-mudahan kita bisa dapat WTP. Tapi ini semua tergantung hasil pemeriksaan," katanya.

Penyerahan LKPD Pemprov Riau tahun ini masih sesuai dengan ketentuan dan belum mengalami ketelambatan.

Sebab sesuai ketentuan penyerahan LKPD selambat-lambatnya diserahkan ke BPK tiga bulan setelah akhir tahun tutup anggaran tepatnya tanggal 31 Maret mendatang.

Sementara itu. Kepala BPK RI Perwakilan Riau, Ipoeng Andjar Wasita mengungkapkan, setelah pihaknya menerima LKPD dari Pemprov Riau, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan.

"Tanggal 25 Maret besok tim kita akan turun. Pemeriksaan berlangsung sampai tanggal 30 April. Jadi perkiraan kita pertengahan Mei sudah bisa kita sampaikan hasil pemeriksaannya ke gubernur dan Ketua DPRD," kata Ipoeng.

"Sesuai ketentuan tujuan pemeriksaan laporan keuangan adalah untuk menilai sejauh mana kewajaran penyajian laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved