Tak Punya Dana untuk Ikut Pomnas, Bapomi Riau Mengadu ke KONI

Bapomi Riau berencana mengirim kontingen untuk mengikuti Pomnas 2019 di Jakarta. Namun Bapomi sama sekali tak punya anggaran.

Tak Punya Dana untuk Ikut Pomnas, Bapomi Riau Mengadu ke KONI
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
Rombongan Bapomi Riau saat bertemu dengan KONI Riau, Jumat (22/3). 

tribunpekanbaru.com - Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Riau, Jumat (21/3) kemarin berkunjung ke Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Bapomi ingin mencari solusi terkait pendanaan lembaga tersebut yang kini minim.

Rombongan Bapomi Riau dipimpin Ketua Bapomi, Iwan Tono, diterima langsung oleh Ketua Umum KONI Riau, Emrizal Pakis. Dalam pertemuan itu, Iwan Tono menyampaikan, Bapomi merupakan satu-satunya badan yang bertanggung jawab terhadap olahraga mahasiswa, dan membantu pemerintah membuat kebijakan nasional dalam bidang pengelolaan, pembinaan, pengembangan olahraga mahasiswa nasional di Indonesia.

Selain itu, Bapomi juga menggelar sebuah multievent antarmahasiswa se-Indonesia yang disebut Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas). "Tahun ini Pomnas akan digelar 19-26 September 2019 di Jakarta, mempertandingkan 19 cabang olahraga (cabor)," ujar Iwan.

Rencananya, Riau akan mengirim atlet mengikuti Pomnas 2019 namun terkendala pendanaan, karena tahun ini anggaran Pomnas tidak dianggarkan oleh Dispora Riau di APBD 2019. "Tahun lalu kita mengikuti 7 cabor," ucapnya.

Sebelum Pomnas, Bapomi Riau juga berencana menggelar Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) pada April 2019. Pomda ini jadi ajang seleksi bagi atlet untuk ikut Pomnas. Namun Bapomi juga terbentur dana untuk menggelar Pomda ini.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, menyambut baik kunjungan Bapomi Riau. Menurutnya, selama ini gaung Bapomi tidak terlalu besar dalam membina atlet mahasiswa. "Gaungnya lebih besar atlet mahasiswa itu dibina oleh Pengprov cabor," terang Emrizal.

Meski begitu, menurut Emrizal, KONI mendukung Bapomi Riau menurutkan atlet di Pomnas 2019. Namun terkait pendanaan, harus dikomunikasikan dengan Pemprov Riau dan DPRD Riau. "Agar pendanaannya dianggarkan di APBD Perubahan 2019," ujarnya.

Selain itu, Emrizal Pakis juga mendukung Pomda digelar sekali dua tahun, untuk mencari bibit atlet mahasiswa di Riau. (rsy)

Penulis: Rino Syahril
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved