Siak

Kebakaran Lahan, Kabid Damkar BPBD Siak Riau: Kadang-Kadang Kami yang Dikepung Api

Petugas pemadaman kewalahan mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Sungai Apit, Riau. Selain sumber air susah didapat, lokasi juga susah dijangkau.

Kebakaran Lahan, Kabid Damkar BPBD Siak Riau: Kadang-Kadang Kami yang Dikepung Api
istimewa
Tim Satgas Darat dan helikopter BPBD Riau melakukan pemadaman pada karhutla yang terjadi di Kampung Lalang, Sungai Apit, Kabupaten Siak, Selasa (19/3/2019). 

Kebakaran Lahan, Kabid Damkar BPBD Siak Riau: Kadang-Kadang Kami yang Dikepung Api

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Meluasnya kebakaran hutan dan lahan di Kampung Lalang dan Teluk Mesjid, kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak membuat petugas pemadaman kewalahan. Selain sumber air susah didapat, lokasi juga susah dijangkau.

"Kami masih fokus menuntaskan titik api di kampung Lalang, Sungai Apit. Kami dari tim gabungan memburu kepala api untuk antisipasi agar tidak meluas," kata Kepala Bidang Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna, Minggu (24/3/2019).

Baca: VIDEO: 3 Alasan Harus Nonton Streaming Drama Korea 100 Days My Prince Trans TV, Ada Chemistry

Ia mengakui kebakaran hebat yang melanda kampung Lalang begitu cepat meluas. Bahkan sudah dibantu oleh BPBD Provinsi Riau untuk melakukan water bombing. Pihaknya mencoba menerapkan strategi mengepung api.

"Tapi kadang kala, kami sendiri yang dikepung api. Kami harus siap siaga menghadapi api secara tiba-tiba sudah berada di sekeliling kami," kata Irwan.

Ia menjelaskan, masih ada 2 pasukan lagi yang memburu api di Sungai Apit. Satu regu masuk dari kampung Teluk Mesjid dan yang satunya masuk dari kampung Bunsur.

"Kami sendiri menyerang dari kampung Lalang. Ya, harus siap diri dan siap mental karena di tanah gambut api bisa muncul di dekat kita berdiri. Hehehe," kata Irwan sambil tertawa.

Strategi pengepungan api dilakukan agar penjalaran api cepat terhenti.

Baca: Program 100 Hari Kerja Bupati Inhil Riau Hadiri Pembukaan Operasi Katarak Gratis di RSUD Puri Husada

Tim darat yang terdiri dari Damkar BPBD Siak, TNI Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), Relawan Belakar, Manggala Agni, serta PMK Perusahaan bersatu padu memburu api.

Semuanya bertujuan untuk mengepung Karhutla yang ada di Kampung Lalang.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved