Dumai

Rencana Pembangunan Ro-Ro Dumai Malaka, ASDP BPTD Riau Sebut Kemungkinan Dibangun di Pelindo I

Pada masa pemerintahan Gubernur Riau, Rusli Zainal, ramai dibicarakan Riau akan membangun roll on-roll off (Ro-Ro) Dumai Melaka.

Rencana Pembangunan Ro-Ro Dumai Malaka, ASDP BPTD Riau Sebut Kemungkinan Dibangun di Pelindo I
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
FOTO ILUSTRASI - Penumpang bergiliran saat turun dari kapal setibanya di Terminal Penumpang Pelindo Dumai, Kamis (14/6/2018). 

Rencana Pembangunan Ro-Ro Dumai Malaka, ASDP BPTD Riau Sebut Kemungkinan Dibangun di Pelindo I Dumai

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pada masa pemerintahan Gubernur Riau, Rusli Zainal, ramai dibicarakan Riau akan membangun roll on-roll off (Ro-Ro) Dumai Melaka.

Namun hal itu tak kunjung terwujud dan tak terdengar lagi kabarnya.

Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat kempanye terbukanya di Dumai pada Selasa (26/3/2019), menyampaikan bahwa dirinya telah menyetujui lanjutam rencana tersebut.

Baca: Puluhan Personel Satpol PP Pekanbaru Tertibkan PKL yang Berjualan di Trotoar dan Badan Jalan

Dinilai banyak keuntungan yang bakal diperoleh Provinsi Riau dan Malaka dengan adanya Ro-Ro Dumai Malaka ini. Salah satunya di sisi ekonomi.

Kepala Seksi Angkutan Sungai dan Pelabuhan Balai Pengelola Transportasi Darat (ASDP - BPTD) Provinsi Riau, Rizkan Zaini, kepada tribunpekanbaru.com mengatakan, pihaknya membenarkan bahwa rencana Presiden Jokowi bakal kembali melanjutkan rencana pembangunan Ro-Ro Dumai Malaka pada saat kempanye terbuka di kota dumai Selasa kemarin. Termasuk juga pengadaan kapal yang akan melintas dari Dumai Menuju Malaka.

BPTD Provinsi Riau juga belum bisa memastikan kapan rencana itu akan direalisasikan, karena sifatnya pihak BPTD masih menunggu hasil penelitian dari pusat pengembangan Multimoda.

Baca: Episode 3 Drama korea 100 Days My Prince, Sore Ini di Trans TV, Rabu 27 Maret 2019, LIVE VIDEO!

Meski ASDP - BPTD belum menerima hasil peneliatan yang dimaksud, namun berdasarkan informasi sementara yang diterima ASDP - BPTD Riau, berkemungkinan pelabuhan berada di Pelindo I, Dumai.

"Kita masih menunggu hasil studi dari pusat pengembangan Multimoda. Karena semuanya akan jelas dari hasil studi ini. Mulai dari jumlai sampai dengan kapasitas Ro-Ro nya," kata Rizkan. (TRIBUNPEKANBARU.COM/HENDRI GUSMULYADI)

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved