Pelalawan

Disdukcapil Pelalawan Riau Tidak Terpengaruh Keputusan MK

Disdukcapil Pelalawan memastikan pihaknya tidak terpengaruh dengan keputusan MK soal penggunaan surat keterangan (Suket) menjadi syarat mencoblos.

Disdukcapil Pelalawan Riau Tidak Terpengaruh Keputusan MK
Tribun Pekanbaru/Palti Siahaan
FOTO ILUSTRASI - Warga sedang berada di loket pengurusan KPT-El di Disdukcapil Pelalawan. 

Disdukcapil Pelalawan Riau Tidak Terpengaruh Keputusan MK

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pelalawan memastikan pihaknya tidak terpengaruh dengan keputusan MK soal penggunaan surat keterangan (Suket) menjadi syarat mencoblos pada Pemilu 2019.

"Kita tidak terpengaruh soal putusan MK terkait penggunaan Suket. Kerja kita tetap seperti biasa," kata kepala Disdukcapil Pelalawan Nipto Anin, Jumat (29/3/2019).

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) mengesahkan Surat Keterangan (Suket) KTP menjadi syarat mencoblos pada Pemilu 2019.

MK juga mengingatkan pemerintah untuk mempercepat proses perekaman KTP-el bagi warga negara yang belum melakukan perekaman.

Baca: FOTO: Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Terus Dibenahi, Begini Penampakannya

Disdukcapil Pelalawan sendiri terus menggesa pencetakan KTP-El. Bahkan sampai ikut program pencetakan cepat yang digelar Kemendagri di Jakarta.

Ada 13.000 daftar warga Pelalawan yang masuk daftar tunggu dan dibawa ke Kemendagri untuk program cetak cepat.

Pencetakan KTP-el warga Pelalawan di program cetak cepat belum selesai semua. Nipto Anin mengatakan pihaknya tetap akan menggesa agar segera dicetak.

"Soal putusan MK itukan domain KPU. Bukan ke kita (Disdukcapil)," ujarnya.

Dikatakannya, pencetakan KTP-el merupakan identitas kependudukan yang diamanatkan UU. Begitu juga dengan intruksi Kemendagri soal pencetakan KTP-el.

Baca: LIVE Streaming Persebaya Surabaya vs PS Tira-Persikabo Piala Presiden Sore Ini, Bonek Jadi Pembeda

Soal mengeluarkan suket bagi warga juga tidak masalah bagi pihaknya. Namun pihaknya juga kemungkina tidak akan mengeluarkan suket pengganti KTP-el

"Sebisanya mungkin kita tidak akan keluarkan Suket. Soalnya pengurusan KTP-el sudah gampang sekarang. Cepat lagi cetakannya," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/Palti Siahaan).

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved