Inhu

Jelang Penilaian Adipura, Tim Gabungan Satpol PP Inhu Riau Gelar Sosialisasi ke Pedagang Kaki Lima

Tahap awal ini adalah penilaian kota bersih, nanti melalui penilaian itu ditentukan layak atau tidak untuk masuk nominasi peraih Adipura

Jelang Penilaian Adipura, Tim Gabungan Satpol PP Inhu Riau Gelar Sosialisasi ke Pedagang Kaki Lima
Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit
Tim gabungan Satpol PP Inhu serta intansi gabungan, diantaranya Disporapar, Disperindagpas, dan Dishub Inhu melakukan patroli ke lokasi objek wisata Danau Raja. 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan patroli gabungan bersama dengan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Inhu, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas) Inhu, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Inhu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Inhu serta kecamatan dan kelurahan terkait.

Patroli gabungan tersebut difokuskam si tiga lokasi, yakni objek wisata Danau Raja, Pasar Rakyat, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat.

Kepala Satpol PP Inhu, Boby Rachmat menerangkan bahwa patroli tersebut dilakukan dalam rangka persiapan penilaim Adipura.

Baca: Bangkitkan Sektor Wisata dan Perekonomian, Pemkab Inhu Riau Gelar CFD di Rengat tanggal 7 April 2019

"Patroli gabungan yang kita lakukan ini dalam rangka persiapan penilaian Adipura, oleh karena itu fokus patroli dilakukan di tiga lokasi, yakni Danau Raja, Pasar Rakyat Rengat dan RTH Rengat," kata Boby, Jumat (29/3/2019).

Boby menerangkan saat patroli tersebut, pihaknya menemukan sejumlah pedaganga kaki lima yang berjualan di trotoar dan pedagang yang berjualan di areal wisata.

Oleh karena itu, tim memberikan sosialisasi kepada para pedagang tersebut. "Kita belum melakukan penindakan, masih kita imbau saja agar ditertibkan," kata Boby.

Namun apabila imbauan tersebut tidak diindahkan, maka petugas akan melakukan tindakan.

Baca: Tahun 2019 Jalan Lintas Rengat-Pematang Reba Inhu Riau Bakal Dibangun Jalur Dua

"Kalau tidak mengindahkan imbauan yang sudah disampaikan, maka tim kabupaten akan melakukan tindakan berikutnya," tegas Boby.

Boby menerangkan pelaksanaan patroli berjalan dengan lancar. Para pedagang merespon baik imbauan yang sudah disampaikan oleh petugas.

Sementara itu, terkait pelaksanan penilaian Adipura tahun 2019 Tribuninhu.com meminta konfirmasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Inhu.

Kepala DLH Inhu, Selamat yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan, Limbah, dan Peningkatan Kapasitas DLH Inhu, Indra T mengungkapkan bahwa proses penilaian menuju Adipura itu akan dilakukan pada tanggal 4 April 2019 sampai dengan tanggal 6 April 2019.

Baca: MANTAN Pegawai BPN Inhu Riau Divonis Empat Tahun Penjara, Pungut Uang Pengurusan SERTIFIKAT PRONA

Penilaian tersebut akan dilakukan oleh tim dari Pusat Pengendalian Pembangunan Erigion Sumatera (P3ES).

"Tahap awal ini adalah penilaian kota bersih, nanti melalui penilaian itu ditentukan layak atau tidak untuk masuk nominasi peraih Adipura," kata Indra.

Indra T mengungkapkan sejumlah objek yang menjadi bahan penilaian, antara lain pasar, perumahan, taman wisata, hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"TPA ini memiliki nilai yang paling tinggi, jadi kalau nilai di TPA kita rendah maka pupuslah harapan untuk mendapat Adipura," kata Indra. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved