Hentikan Kendaraan yang Tak Wajar untuk Atasi Truk ODOL

Polres Dumai dampingi pihak PPNS Dishub Dumai dalam melakukan penindakan atau razia truk over dimention Over Loading (ODOL) di jalur utama Dumai.

Hentikan Kendaraan yang Tak Wajar untuk Atasi Truk ODOL
Tribun Pekanbaru
Tim Penegakan Hukum Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah (Wil) IV Riau-Kepri mengamankan empat unit truk yang masuk dalam katagori Over Dimensi dan Over Loading (ODOL). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Kendaraan dengan muatan besar tentunya menjadi pemandangan harian bagi daerah di perlintasan.

Begitu pula halnya di Kota Dumai.

Kota pelabuhan yang menjadi sentra industri berpusat di pelabuhan itu kerap menjadi lalu lintas kendaraan jenis Over Dimention Over Loading (ODOL).

Menjadi tugas penting bagi pihak kepolisian dan perhubungan untuk menindaklanjuti hal tersebut untuk meminimalisir dampak kerusakan jalan dan lain sebagainya.

Kasatlantas Polres Dumai AKP Adi Prabowo mengatakan, pihaknya sudah mengusahakan sejumlah strategi untuk menindaklanjuti pelanggaran kendaraan tersebut.

Baca: Lahan Gambut Bekas Terbakar Kini Produktif, BRG Taja Program Revitalisasi dan Revegetasi di Mundam

Baca: Resmi Masuk Indonesia! Ini Jadwal Pre Order Huawei P30 Lite, Bawa Teknologi Canggih Pada Kamera

"Bentuk penindakan dari kepolisian yang sudah pernah dilakukan Polres Dumai adalah kita pernah mendampingi pihak PPNS Dishub Dumai dalam melakukan penindakan atau razia ODOL di jalur utama masuk Kota Dumai," ungkap Kasat Lantas, Jumat (29/3/2019).

"Metode yang kita lakukan adalah dengan cara memberhentikan kendaraan secara kasat mata dicurigai memiliki dimensi tidak wajar atau berlebih dan setelah dicek dokumen buku KIR lalu pihak PPNS Dishub melakukan pengukuran fisik kendaraan secara manual," tambahnya.

Sepanjang 2019, Polres Dumai sudah melakukan penindakan langsung. Namun, belum mengambil langkah represif.

Sejauh ini, pihak Polres Dumai masih mengambil langkah peningkatan pengawasan dan sosialisasi.

Namun, sudah ada yurisprudensi bahwa pelanggaran bisa ditindak pidana terhadap bengkel karoseri buat tambahan bak atau tangki diluar dimensi sudah ditentukan.

Halaman
123
Penulis: Syahrul
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved