Satu Hari Selesai, Program Baru Pelayanan Adminduk di Disdukcapil Inhil

Disdukcapil Inhil membuat program baru berupa pelayanan cepat pengurusan administrasi kependudukan (adminduk). Dokumen kependudukan selesai satu hari.

Satu Hari Selesai, Program Baru Pelayanan Adminduk di Disdukcapil Inhil
tribun pekanbaru
Simulasi Front Office (FO) saat pelayanan Adminduk 1×24 jam selesai di Kantor Disdukcapil Inhil, Sabtu (30/3) lalu. 

tribunpekanbaru.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), terus mengevaluasi program layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) 1x24 jam selesai bagi masyarakat.

Setelah berjalan selama satu minggu sejak Senin (25/3) lalu, program Adminduk 1x24 Jam (satu hari selesai), memang masih menuai tanggapan dari masyarakat.

Kepala Dinas Disdukcapil Inhil, Ahmad Ramani melalui Sekretaris Disdukcapil Inhil, Nursal Sulaiman menuturkan, Disdukcapil Inhil telah melaksanakan evaluasi satu minggu berjalannya program Adminduk satu hari selesai ini.

“Bahasan utama tentang kelanjutan tata kelola sistem yang transparan untuk masyarakat, dan memacu Disdukcapil Inhil meningkatkan pelayanan dengan memperbaiki sistem yang masih kurang selama ini,” ujar Nursal Sulaiman, Minggu (31/3).

Untuk meningkatkan pelayanan, Disdukcapil Inhil melakukan simulasi Front Office (FO) pelayanan utama Adminduk Disdukcapil. Menurut Nursal, simulasi khusus untuk petugas FO ini untuk melayani keluhan masyarakat, antara lain dalam pembuatan KTP elektronik, Kartu Keluarga, dan lainnya yang menyangkut urusan di Disdukcapil Inhil.

“Simulasi ini memanfaatkan hari libur, Sabtu (30/3). Simulasi ini cara kita untuk melatih FO dalam pelayanan pertama bagi masyarakat yang ingin mengurus adminduk,” terang Nursal.

Mantan Camat Mandah ini menambahkan, FO merupakan pelayanan pertama dan menentukan layak apa tidaknya persyaratan adminduk yang diajukan masyarakat untuk dilanjutkan ke Operator Office. Karena itu, perlu peningkatan kinerja dan tata cara pelayanan di FO.

“Kami butuh masukan agar keluhan saat adminduk satu hari selesai ini bisa berkurang. Agar tata kelola lebih baik, membuat masyarakat lebih mudah mengurus adminduknya,” tambah Nursal.

Dia juga mengimbau warga yang berniat mengurus adminduk agar datang langsung ke Disdukcapil Inhil dan mengetahui persyaratan, sehingga tidak bolak-balik untuk mengurus persyaratan.

Selain itu, Nursal juga mengingatkan warga yang merekam e–KTP di bawah Bulan Maret, agar mengambil e–KTP di Kantor Camat di camat masing-masing. “Karena 22.000 e-KTP yang sudah rekam akan kita serahkan ke kecamatan untuk diserahkan kepada warga bersangkutan,” terangnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved