Okupansi Hotel di Pekanbaru Meningkat

Walau harga tiket pesawat saat ini masih tergolong mahal, tapi pelaksanaan Pemilu 2019 dinilai turut mendongkrak naiknya jumlah wisatawan ke Riau dan

Okupansi Hotel di Pekanbaru Meningkat
Tribun Pekanbaru/Alex Sander
Kunjungan manejemen Pesonna Hotel Pekanbaru ke kantor Tribun Pekanbaru, Kamis (14/3/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Walau harga tiket pesawat saat ini masih tergolong mahal, tapi pelaksanaan Pemilu 2019 dinilai turut mendongkrak naiknya jumlah wisatawan ke Riau dan juga meningkatnya okupansi hotel sejak Januari 2019 mendatang.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah mengatakan sejak Januari hingga Maret 2019, peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Riau tersebut dikarenakan musim kampanye yang menjadi tahapan Pemilu yang tengah berlangsung saat ini.

Dikatakan, sejak musim kampanye tersebut, cukup banyak tokoh-tokoh politik, termasuk Capres dan Cawapres, dan juga publik figur datang dari ibukota ke Provinsi Riau, membuat Riau banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

"Kita lihat okupansi hotel di Pekanbaru dan Riau pada umumnya meningkat sejak Januari hingga Maret 2019. Beberapa kali Riau di datangi tokoh-tokoh politik, bahkan Capres ataupun Cawapres. Mulai dari Pak Sandiaga Unonpada awalnya, Pak Jokowi, Pak Maaruf Amin dan juga Pak Prabowo, serta tokoh-tokoh lainnya, yang juga datang bersamaan ataupun di waktu yang berbeda," kata Dede kepada Tribun, Senin (1/4/2019).

Kehadiran para elit politik dan banyak tokoh ke Riau tersebut dikatakan Dede menjadi daya tarik tersendiri bagi Riau, sehingga semakin banyak kunjungan ke Riau, dan penginapan pun terisi.

"Selain itu, juga berdampak kepada banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di hotel oleh partai politik, relawan pendukung ataupun tim sukses capres dan cawapres sejauh ini," tuturnya.

Tak hanya itu, sejumlah iven yang dilaksanakan di Pekanbaru juga mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan dan okupansi hotel, misalnya HUT Damkar 100 tahun dan lainnya.

"Pada awal Maret 2019 lalu, Kota Pekanbaru mengadakan Event Nasional HUT Damkar 100 tahun, HUT Satpol PP 69 tahun dan HUT Linmas 57 tahun event bersamaan ini menjadi semaraknya Perekonomian di Riau," ujarnya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved