Begini Cara Perawatan Helm Terkena Air Laut

Helm merupakan perangkat wajib bagi pengendara sepeda motor. Salah satu yang wajib diperhatikan pada helm adalah kondisi busa penahan di bagian dalam.

Begini Cara Perawatan Helm Terkena Air Laut
foto/net
Busa helm harus dibersihkan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Helm merupakan perangkat wajib bagi pengendara sepeda motor.

Salah satu yang wajib diperhatikan pada helm adalah kondisi busa penahan di bagian dalam helm.

Jika selama ini pertanyaan seputar perawatan helm selalu berkutat pada langkah yang diperlukan bila terkena air hujan, kali ini ada pertanyaan menarik. Bagaimana bila helm terkena air laut?

Pertanyaan ini muncul saat Kompas.com menyaksikan kejuaraan dunia jetski Jetracer World Championship 2019 di Ancol, Minggu (31/3/2019).

“Perawatan helm yang terkena air laut terpenting adalah langkah pertama yang diambil. Pemilik atau pengguna helm harus mencuci helm tersebut dengan air tawar,” ucap teknisi dari Arai Indonesia, Winaldi.

Menurut Winaldi, air laut yang terkumpul di helm jika tidak segera di cuci akan merusak lapisan foam yang terdapat pada helm.

Lebih lanjut, elastisitas foam dapat berkurang dan membuat helm tidak nyaman dipakai. Setelah membersihkan dengan air tawar, keringkan foam dengan bantuan sinar matahari.

Usahakan tidak terkena sinar matahari langsung dan terkena angin.

“Kalau bagian dalam helmnya, jika punya alat pengering bisa diletakkan di alat pengering. Kalau tidak punya dijemur saja. Untuk bagian luar helm, tidak masalah bila terkena air laut,” ucap Winaldi. (*)

Penulis: ihsan
Editor: ihsan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved