Rokan Hulu

KPU Rohul Riau Tetapkan DPTHP ke- 3, Jumlah Pemilih Meningkat Jadi 316.185

KPU Rohul, Provinsi Riau, telah menggelar Rapat Pleno Terbuka dengan agenda Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ke 3.

KPU Rohul Riau Tetapkan DPTHP ke- 3, Jumlah Pemilih Meningkat Jadi 316.185
NET
Ilustrasi 

KPU Rohul Riau Tetapkan DPTHP ke- 3, Jumlah Pemilih Meningkat Jadi 316.185

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, telah menggelar Rapat Pleno Terbuka dengan agenda Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ke 3.

Rapat Pleno terbuka yang dipimpin langsung Ketua KPU Rohul, Elfendri ST.M.eng berserta jajarannya, di Aula Kantor KPU Rohul, Pasirpengaraian‎, pada Selasa (2/4/2019).

Ketua KPU Rohul, Elfendri mengaku, Penetapan DPTHP Ketiga ini berdasarkan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor : 577/PL/02.1-SD/01/KPU/III/2019 tanggal 29 Maret 2019 prihal tindak Lanjut dari Putusan Mahkamah Konstitusi RI Nomo 20/PUU-XVII/2019.

Baca: BREAKING NEWS: 12 Siswa SMK Kehutanan Pekanbaru, 1 Polhut Diduga Tersesat di Bukit Tiga Puluh Inhu

Ia menambahkan, melalui rapat pleno tersebut, KPU Rohul, menetapkan Jumlah DPTHP ketiga tingkat Kabupaten Rohul, sebanyak 316.185.

Jumlah tersebut meningkat dari DPTHP kedua yang ditetapkan sebelumnya, yang hanya mencapai 314.646 pemilih.

Dirinya memaparkan, rincian pergeseran jumlah DPT dari DPTHP 2 dan DPTHP 3 tersebut didasari adanya Penetapan Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang di masukan ke dalam DPTHP 3 atas rekomendasi Bawaslu Kabupaten Rohul, Nomor 006 Tanggal 25 Maret 2019.

Dengan masuknya DPK dalam DPTHP 3 ini, tambahnya, terdapat penambahan Pemilih sebanyak 2.082 pemilih yang tersebar di 8 kecamatan, 17 desa kelurahan, dan 173 TPS.

"DPK yang masuk dalam DPTHP 3 ini hanya untuk daerah daerah yang pemilihnya kemungkinan lebih banyak dari jumlah suara cadangan 2 persen dari jumlah DPT, sehingga berpotensi tidak terlayani," terangnya.

Elfendri menegaskan, meski sudah ditetapkan masuk DPTHP 3, KPU Rohul, masih melayani Pemilih dengan jalur DPK hingga hari H pelaksanaan.

"Perhitungan kita DPK yang akan muncul nanti, mudah-mudahan bisa terlayani dengan surat suara cadangan 2 persen," ucapnya.

Baca: Hasil Survei Roy Morgan, Elektabilitas Jokowi 56,5 Persen, Prabowo 43,5 Persen

Selain itu, jelasnya, jumlah DPTHP ketiga yang ditetapkan ini juga sudah memuat Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dengan Rincian Pemilih Masuk 1.423 dan pemilih keluar 1.966 pemilih Selain itu, Dalam DPTHP ke tiga ini juga sudah masuk 590 Pemilih dengan status penyandang Disabilitas.

"DPTHP 3 ini merupakan hasil dari DPTHP 2 ditambah DPK yang direkomendasikan masuk DPT, ditambah DPTB pindah masuk dikurang DPTB pindah keluar pertanggal 1 april 2019," pungkasnya.(Tribunrohul.com/Donny Kusuma Putra)

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved