Rokan Hulu

Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hulu Sebar 3.030 Saksi di Pemilu 2019

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), akan menerjunkan saksi-saksinya di hari pemungutan suara Pemilu 2019.

Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hulu Sebar 3.030 Saksi di Pemilu 2019
istimewa
Rapat koordinasi dan konsolidasi serta pemantapan saksi DPC Partai Demokrat Rohul menghadapi Pemilu 2019 di Sapadia Hotel, Selasa (2/4/2019). 

PASIRPANGARAIAN, TRIBUN - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), akan menerjunkan saksi-saksinya di hari pemungutan suara Pemilu yang jatuh pada 17 April 2019.

Ketua DPC Partai Demokrat Rohul, Kelmi Amri SH menuturkan, akan menyebar 3.030 saksi untuk mengawasi jalannya Pemilu 2019, serta mengamankan suara partainya di 1.515 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 145 desa di 16 kecamatan.

Termasuk pleno perhitungan suara tingkat kecamatan dan kabupaten.

Sebelum diturunkan, seluruh koordinator saksi yang juga calon legislatif Partai Demokrat diberi pembekalan dan pemantapan di rapat koordinasi dan konsolidasi serta pemantapan saksi DPC Partai Demokrat Kabupaten Rohul, menghadapi Pemilu 2019 di Sapadia Hotel Pasirpangaraian, Selasa (2/4).

Kelmi mengatakan, dari rakor dengan narasumber pengurus DPC dan DPD Partai Demokrat Provinsi Riau, diharapkan para koordinator saksi paham akan tugasnya di lapangan pada hari H Pemilu 2019.

"Kita ingin kesepahaman yang utuh tentang tugas-tugas dan SOP saksi yang menjadi tanggung jawab saksi di lapangan. Kita ingin hasil dari proses pemungutan suara pada 17 April itu, selambat-lambatnya jam 12 malam, kita sudah mendapatkan perhitungan yang akurat dari saksi kita," katanya, Rabu (3/4/2019).

Kelmi mengatakan, tugas saksi di hari pemungutan suara tidak mudah, apalagi tingkat pemahaman para saksi di lapangan masih sangat minim.

Diterangkan Kelmi, potensi tingkat kecurangan pemilu bukan dari hasil, tetapi pada proses. Demokrat siap kawal selama proses berlangsung, mulai dari dibukanya TPS sampai perhitungan dan perekapan suara.

Kelmi mengatakan, Partai Demokrat sangat tidak ingin Pemilu 2019 di Kabupaten Rohul, dicederai oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

"Sehingga pematangan saksi di dalam hal tugas-tugasnya sudah kita bekali melalui sebuah SOP yang nanti oleh koordinator ini kembali disampaikan kepada seluruh saksi kita di TPS," tambahnya. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved