Bungkus Teh Cina Berisi 5 Kg Sabu, Tiga Pria Diamankan Bea Cukai Tembilahan

Bea Cukai Tembilahan mengamankan tiga pria penumpang kapal dari Batam tujuan Tembilahan, yang membawa 5 kg methampethamine atau sabu.

Bungkus Teh Cina Berisi 5 Kg Sabu, Tiga Pria Diamankan Bea Cukai Tembilahan
tribun pekanbaru
Tiga terduga pembawa sabu dari Batam yang ditangkap Bea Cukai Tembilahan. Ketiganya membawa 5 Kg sabu yang dibawa dari Batam dengan menumpang kapal. 

tribunpekanbaru.com - Sebanyak 5 kg narkotika jenis methamphetamine (meth) atau biasa dikenal dengan sabu-sabu, berhasil diamankan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) tipe Madya Pabean (TMP) C Tembilahan.

Lima kilogram sabu atau meth yang dikemas dalam lima bungkus ini, coba diselundupkan oleh tiga orang pelaku berinisial M, I, dan E, melalui Pelabuhan Pelindo Tembilahan dari Batam, Kepulauan Riau, pada Rabu (3/4) lalu sekitar pukul 15.40 WIB.

Kepala Bea Cukai Tembilahan, Anton Martin menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa akan ada penumpang kapal jurusan Batam–Tembilahan yang diduga membawa barang haram tersebut.

Setelah mendapatkan informasi perihal penyelundupan tersebut, tim kemudian melakukan pemeriksaan kapal penumpang untuk memastikan keberadaan penumpang yang memiliki ciri-ciri sesuai informasi.

“Setelah ditemukan, petugas segera melakukan penghentian dan pemeriksaan terhadap satu orang pelaku. Ketika dihentikan, tim dibagi menjadi dua untuk mengejar tersangka lainnya,” terang Anton Martin saat jumpa pers di Kantor Bea Cukai Tembilahan, Rabu (3/4) malam.

Namun saat petugas melakukan pengejaran, seorang pelaku berhasil lolos dari petugas Bea Cukai Tembilahan.

Satu tim kemudian melakukan pengejaran. Sekitar pukul 16.20 WIB, tim Bea Cukai Tembilahan berhasil menangkap satu orang yang lolos dan dibawa ke kantor Bea Cukai Tembilahan untuk dilakukan pemeriksaan.

“Terhadap dua orang yang dicurigai, ditemukan tiga bungkus teh china dengan merek Guanyinwang, dan kotak lainnya yang diduga juga berisi methampethamine. Selanjutnya segera dibawa ke Kantor Bea Cukai Tembilahan,” tuturnya.

Setelah berhasil menggagalkan penyelundupan ini, Bea Cukai Tembilahan kemudian menyerahkan penanganan kasus ini kepada Polres Inhil untuk ditindaklanjuti.

“Atas pemeriksaan lebih lanjut, dilakukan penindakan terhadap tiga orang tersangka serta penyegelan terhadap barang bukti. Untuk mengetahui pasti barang ini dari mana, tujuan ke mana, kita serahkan kepada pihak kepolisian,” tutur Anton lagi. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved