Dumai

Dua Minggu Diintai, Pasangan Kekasih Asal Sumut yang Bawa Ganja 40 Kg Diamankan Polres Rohil Riau

Pengakuan keduanya, barang bukti berupa ganja kering itu disimpan di sebalik alang-alang tak jauh dari Daihatsu Xenia silver Jalan Antara Daerah Balam

Dua Minggu Diintai, Pasangan Kekasih Asal Sumut yang Bawa Ganja 40 Kg Diamankan Polres Rohil Riau
Istimewa
Sepasang kekasih warga Sumut berisinial MWE (pria, 33) dan NSU (wanita, 36) wanita diamankan Polres Rokan Hilir setelah kedapatan membawa 40 Kg daun ganja kering Kamis (4/4/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Sepasang kekasih warga Sumut berisinial MWE (33) pria dan NSU (36) wanita diamankan setelah kedapatan membawa 40 Kg daun ganja kering pada Kamis (4/4/2019).

Penangkapan oleh tim opsnal Sat Restik Polres Rohil ini dilakukan di Jalan Antara Daerah Km 16 Balam Kepenghuluan Bangko Bakti Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rohil sekira pukul 15.30 sore.

Sepasang pelaku tersebut sebelumnya sudah berada dalam pantauan tim opsnal Polres Rohil sejak dua minggu sebelumnya.

Dalam ekspos yang dipimpin oleh Wakapolres Rohil Kompol Wawan Setiawan beserta tim reskrim Polres Rohil pada Jumat (5/4/2019) mengatakan, bahwa informasi awal terkait aktifitas pelaku didapatkan dari penyelidikan di lapangan.

"Bahwa, tim opsnal Sat Restik mendapatkan informasi akan ada transaksi besar narkoba dilakukan di daerah Balam. Dari informasi tersebut kemudian dilakukan pengembangan dan penyelidikan di lapangan selama dua minggu sebelum dilakukan tindakan," jelas Wakapolres.

Baca: Polres Rohil Amankan Bandar Sabu dan Ekstasi

Dilanjutkannya, setelah informasi akurat, tim Sat Restik berangkat menuju lokasi penangkapan di Balam untuk menindaklanjuti dengan penangkapan.

Sekitar pukul 11.00 siang, tim mencurigai adanya satu unit mobil Daihatsu Xenia warna silver yang digunakan pelaku bergerak menuju Jalan Antara Daerah Balam Km 16.

"Dalam hal ini, ciri-ciri pelaku sangat sesuai dengan informasi diperoleh tim sebelumnya dalam penyelidikan lapangan," jelasnya.

Sesampainya di lokasi, dua pelaku tersebut kemudian langsung diamankan oleh kepolisian tanpa perlawanan apapun.

Dari pengakuan keduanya saat diinterogasi, barang bukti berupa ganja kering yang akan menjadi objek transaksi di simpan di sebalik alang-alang tak jauh dari posisi pelaku.

Baca: VIDEO Penampakan 4 Hektare Lahan Ganja di Pedalaman Aceh, Polisi Arungi Sungai Saat Gelar Operasi

"Setelah diperiksa di tempat yang dimaksud, tim menemukan 40 bungkusan berlakban coklat diduga narkotika jenis ganja kering yang setelah ditimbang memiliki berat hingga 40 Kg," papar Kompol Wawan.

Dari keterangan pelaku pula diketahui, jika barang haram tersebut berasal dari Pangkalan Susu Kabupaten Langkat Sumatera Utara dengan tujuan Riau via Rohil.

Kedua pelaku tersebut kini sudah diamankan di Polres Rohil beserta sejumlah barang bukti seperti 40 Kg ganja kering, satu unit Daihatsu Xenia silver bernopol BK 1198 PI dan satu unit handphone merk Samsung warna putih.

"Keduanya kita sangkakan telah melanggar Pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 111 ayat 2 UU 35/2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara maksimal 20 tahun," pungkas Kompol Wawan Setiawan. (Tribunpekanbaru.com/Syahrul Ramadhan)

Penulis: Syahrul
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved