Pelalawan

KPU Pelalawan Riau Sudah Telepon Disdukcapil Soal Data DPK

KPU Pelalawan sudah berkomunikasi secara lisan ke pihak Disdukcapil Pelalawan soal data pemilih khusus (DPK) saat Pemilu 17 April nanti.

KPU Pelalawan Riau Sudah Telepon Disdukcapil Soal Data DPK
Tribun Pekanbaru/Palti Siahaan
FOTO ILUSTRASI - Proses perhitungan suara dalam simulasi pemilihan yang dilakukan KPU Pelalawan, Senin (1/4/2019). 

KPU Pelalawan Riau Sudah Telepon Disdukcapil Soal Data DPK

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - KPU Pelalawan sudah berkomunikasi secara lisan ke pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pelalawan soal data pemilih khusus (DPK) saat Pemilu 17 April nanti.

Diperkirakan Senin depan, KPU Pelalawan sudah mendapatkan data DPK dari Disdukcapil.

"Kita sudah telepon Kadisdukcapil. Surat segera kita masukkan," kata Priyono, komisioner KPU Pelalawan, Jumat (5/4/2019).

Dikatakannya, pihaknya kembali akan menggelar rapat soal Pemilu pada Senin (8/4/2019) di kantor bupati Pelalawan. Dalam pertemuan tersebut ada Polres Pelalawan, Pemkab Pelalawan dan pihak lainnya.

Baca: Gelar Program Jumat Barokah, Polres Kampar Riau Berikan Bantuan Sembako ke Masyarakat Kurang Mampu

Soal jumlah DPK di Pelalawan ini menjadi perhatian serius. Sebab warga Pelalawan pemilik E-KTP jumlahnya lebih banyak dari jumlah warga yang terdaftar sebagai pemilih.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil) Pelalawan, jumlah warga Pelalawan yang sudah memegang E-KTP sendiri sekitar 215.000 orang. Jumlah pemegang surat keterangan pengurusan E-KTP sebanyak 5.800 orang.

Apalagi, beberapa waktu lalu, sebanyak 13.000 E-KTP warga yang masuk dalam daftar tunggu sudah selesai dicetak di Kemendagri pekan lalu. Sebagian E-KTP tersebut sudah dibagikan ke warga.

Masih berdasarkan data Disdukcapil Pelalawan, jumlah warga yang berusia diatas 17 tahun, sekitar 240.000 warga. Inilah jumlah warga Pelalawan yang bisa memberikan hak pilihannya di Pemilu nanti.

Jumlah warga yang akan memiliki E-KTP status Suket diperkirakan akan bertambah. Sebab Disdukcapil Pelalawan tetap membuka pelayanan pengurusan E-KTP. Apalagi, Disdukcapil membuka layanan saat libur yakni Sabtu dan Minggu mulai pekan ini demi mensukseskan Pemilu serentak.

Halaman
12
Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved