Rokan Hulu

Mantan Bupati Rohul Ajak Warga Tanam Lengkeng, Hasilnya Lebih Baik dari Kelapa Sawit

Menurut mantan Bupati Rohul Dua Periode ini menanam kelengkeng lebih menghasilkan dari pada menanam sawit per kilogram nya mencapai Rp50 ribu.

Mantan Bupati Rohul Ajak Warga Tanam Lengkeng, Hasilnya Lebih Baik dari Kelapa Sawit
Tribunpekanbaru.com/Donny
Mantan Bupati Rohul periode, Achmad mengajak warga agar menanam kelengkeng karena lebih menghasilkan daripada menanam sawit. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Pohon buah Kelengkeng tanaman yang masih satu keluarga dengan Rambutan namun memiliki nilai ekonomis yang bisa dibilang tinggi.

Dengan nilai ekonomis yang tinggi tentunya merupakan pilihan yang tepat bagi masyarakat ditengah keterpurukan atau tidak stabilnya harga Tandan Buah Sawit (TBS) Kelapa Sawit seperti saat ini untuk beralih menanam pohon Kelengkeng.

Seperti yang dilakukan oleh tokoh masyarakat Rokan Hulu (Rohul), yakni ‎Drs H Achmad MSi, diluas tanah sekiar 3,5 hektar, dirinya memilih untuk ‎menanam pohon buah Kelengkeng di kebun yang dimilikinya.

Dikawasan yang terbilang asri ini dengan akses jalan yang terbilang mulus dan sudah Aspal, membuat kebun buah Kelengkeng ini menjadi kawasan wisata yang sangat baik ke depannya.

Baca: Bupati Rohul Riau Sukiman Tinjau Pelaksanaan UNBK, Ini Pesannya Pada Guru dan Siswa SMAN 1 Rambah

Achmad yang pernah menjabat sebagai Bupati Rohul, Dua Periode ini beralasan, bahwa menanam kelengkeng lebih menghasilkan dari pada menanam sawit, terlebih harga kelengkeng untuk Jenis ITOH per kilogram nya mencapai Rp50 ribu.

Bukan hanya itu saja, Achmad juga mengaku, alasan dirinya menanam buah kelengkeng ini, ke depannya untuk dijadikan kawasan wisata Agro atau wisata buah, yang ada di Rohul.

Ia mengaku, kawasan kebun kelengkeng miliknya ‎ini diberi nama "Wisata petik Kelengkeng Rizky AP", yang terletak di dusun Kubu Manggis desa Rambah Tengah Utara, kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.

Bukan hanya itu saja, jika tanaman pohon kelengkeng sudah tinggi, kawasan ini akan dilepas kambing-kambing gemuk untuk teman bermain anak-anak yang berkunjung ke wisata Petik Kelengkeng Rizky AP.

Diakuinya, saat ini sudah ada sekitar 400 batang pohon kelengkeng yang ditanam di kawasan Wisata petik kelengkeng Rezky AP ini.

Baca: Simulasi Gempa di SMK Islamiyah Muara Nikum Rohul Riau, Latih Siswa Siap Hadapi Bencana

Achmad menerangkan, ‎setelah kurang lebih 2 tahun 2 bulan lamanya, dengan perawatan yang maksimal, kawasan Wisata petik kelengkeng Rezky AP ini telah menghasilkan, deng panen perdana dengan sekitar 40 batang, hasilnya sekitar 800 kg.

Halaman
1234
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved