Rokan Hulu

Siswa SMK Islamiyah Muara Nikam Berhamburan Dengar Bunyi Sirine

Kepanikan terjadi di SMK Islamiyah Muara Nikum Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pada Kamis (4/4/2019).

Siswa SMK Islamiyah Muara Nikam Berhamburan Dengar Bunyi Sirine
istimewa
Petugas BPBD Rohul mengadakan simulasi gempa di SMK Islamiyah Muara Nikum Kecamatan Rambah Hilir, Kamis (4/4/2019). 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Kepanikan terjadi di SMK Islamiyah Muara Nikum Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pada Kamis (4/4/2019).

Ratusan siswa yang berada di lantai dua gedung sekolah tersebut panik serta berhamburan keluar kelas menuju lapangan terbuka, setelah mendengar adanya suara sirene peringatan gempa.

Rupanya hal itu adalah bagian simulasi bencana yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul yang bertujuan untuk melatih para siswa siap menghadapi bencana gempa.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jon Fery mengungkapkan, dalam simulasi ini, personel BPBD Rohul juga mengajarkan evakuasi korban dengan menggunakan tandu dari gedung sekolah.

"Kita juga berikan materi terkait pemadaman kebakaran, karena biasanya gempa bumi bisa memicu terjadinya kebakaran," katanya, Jumat (5/4).

Jon Feri menambahkan, sosialisasi dan simulasi ini, merupakan upaya mitigasi dan edukasi kepada generasi muda, agar mereka lebih siap menghadapi bencana khususnya gempa.

Melalui sosialisasi ini, anak sekolah bisa mengetahui seperti apa cara pencegahan dan penyelamatan diri saat bencana gempa datang.

"Harapan kita melalui kegiatan ini meaysarakat lebih waspada dan memahami arti dari bencana, jadi mereka siap, kita ciptakan masyarakat yang siap dan tangguh," imbuhnya.

Disinggung terkait potensi terjadinya gempa di Rohul, Jon menjelaskan, daerah ini termasuk rawan gempa karena menjadi daerah terujung bagian akar sesar Sumatera.

Pada tahun 2017, Lanjutnya, kabupaten Rohul, pernah terjadi gempa dengan kekuatan 5,3 skala Richter di titik 0,76 LU (Lintang Utara), 100,43 BT (Bujur Timur), dan berada di kedalaman gempa 228 km, dengan Pusat gempa di Desa Lubuk Bilang, Kecamatan Rambah Samo. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved