KPU Inhu Tetap Selesaikan Pelipatan Surat Suara Rusak

Meski surat suara untuk beberapa dapil di Inhu rusak, namun pelipatan tetap dilakukan. Walau begitu, KPU Inhi tetap menunggu surat suara pengganti.

KPU Inhu Tetap Selesaikan Pelipatan Surat Suara Rusak
tribun pekanbaru
Pembagian doorprize kepada warga saat KPU Inhu menggelar Pemilu Run 2019 di lapangan sepakbola Blok A, Kecamatan Seberida, Inhu, Minggu (7/4). KPU Inhu masih menunggu pengganti surat suara yang rusak namun tetap diselesaikan pelipatannya. 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu (Inhu) sudah menyelesaikan pelipatan surat suara daerah pemilihan (Dapil) empat yang rusak. Seperti diketahui, ada nama caleg yang ganda pada surat suara Dapil empat yang rusak tersebut, sehingga harus dilakukan penggantian.

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida menerangkan, pelipatan surat suara Dapil empat diselesaikan pada Sabtu (6/4) lalu.

"Surat suara Dapil empat selesai dilipat Sabtu lalu, begitu juga surat suara Dapil tiga juga sudah selesai dilipat hari Jumat," kata Yenni, Minggu (7/4).

Sebelumnya, pelipatan surat suara Dapil tiga sempat direkomendasikan dihentikan karena ditemukan bercak. Namun berdasarkan arahan dari KPU RI dan KPU Riau, pelipatan surat suara Dapil tiga akhirnya dilanjutkan.

Meski begitu, saat ini KPU Inhu masih menunggu pengganti surat suara yang rusak. Data dari KPU Inhu, masih ada ribuan surat suara rusak yang harus diganti, terdiri dari 1.637 surat suara Presiden, 805 surat suara DPD, dan 5.359 surat suara DPR RI Dapil II.

"Surat suara yang rusak sudah diminta penggantinya, sekarang masih menunggu," katanya.

Setelah menuntaskan pelipatan, Selasa (9/4) besok KPU Inhu akan melakukan pengesetan surat suara ke dalam kotak suara. Menurut Yenni, yang pertama kali diset adalah surat suara Dapil dua. "Surat suara dimasukkan dalam sampul dan dimasukan dalam kotak. Kemudian yang melakukan penguncian adalah PPK," terang Yenni. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved