Bengkalis

Lapas Bengkalis Siapkan Lima TPS untuk Pemungutan Suara Pemilu 2019

Lapas Klas II A Bengkalis memiliki lima TPS pada Pemilu 2019 yang akan melakukan pemungutan suara pada tanggal 17 April mendatang.

Lapas Bengkalis Siapkan Lima TPS untuk Pemungutan Suara Pemilu 2019
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Kepala Lapas Bengkalis Maizar. 

Lapas Bengkalis Siapkan Lima TPS Untuk Pemungutan Suara Pemilu 2019

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Bengkalis memiliki lima tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019 yang akan melakukan pemungutan suara pada tanggal 17 April mendatang. Dengan jumlah pemilih sebanyak 1.300 pemilih untuk Pemilihan Legeslatif (Pileg) tingkat kabupaten.

Sementara untuk pemilihan presiden (Pileg) jumlah pemilih sebanyak 1.550 pemilih. Hal ini diungkap Kepala Lapas Bengkalis Maizar kepada awak media, Minggu (7/4) siang.

"Secara menyeluruh jumlah warga binaan kita yang punya hak suara di Lapas Bengkalis untuk Pilpres mendatang sekitar 1.550 pemilih yang akan menyalurkan hak suaranya. Sementara untuk Pileg kabupaten Bengkalis hanya sekitar 1.300 pemilih yang memiliki hak suaranya," ungkap Maizar.

Baca: Kisah Caleg Cantik di Pekanbaru, Mengaku Pernah Dipersulit Urus Izin Usaha

Menurut dia, untuk pelaksanaan Pemilu 2019 ini seluruh petugas pemungutan suara sudah disiapkan. Panitia pemungutan suara yang disiapkan terdiri dari petugas Lapas Bengkalis yang ditunjuk KPU Bengkalis.

Kemudian juga dibantu dari petugas dari luar Lapas Bengkalis nantinya dalam pemungutan suara mendatang. "Kita fokus pada menyiapkan tempat dan fasilitas pemungutan suara saja. Nanti persiapan panitiannya dari KPU langsung yang memberikan pembekalan," terang Maizar.

Menurut dia, intinya pihaknya siap dalam memberikan fasilitas dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu di Lapas Bengkalis. Sehingga hak suara dari warga binaan bisa tersalurkan.

Hanya saja dalam pelaksanaan Pemilu di Lapas tidak ada kampanye baik dari peserta Pemilu yakni Partai Politik maupun dari masing masing Caleg dilakukan selama masa kampanye. Karena sesuai aturan hal tersebut tidak dibenarkan adanya kampanye di Lapas.

"Tidak boleh ada kampanye di Lapas, karena memang Lapas harus netral," terangnya.

Meskipun tidak ada kampanye, di dalam Lapas, Namun kegiatan sosialisasi pelaksanaaan Pemilu sudah dilakukan KPU Bengkalis.

Baca: VIDEO: Masyarakat Antusias Ikut Donor Darah di RS Awal Bros Pekanbaru 

Dimana dalam sosialisasi KPU Bengkalis menyampaikan bagaimana cara memilih dan siapa saja yang boleh memilih baik pemilihan Caleg Provinsi, Kabupaten, Pusat dan Pemilihan Presiden.

"Sosialisasi dilakukan KPUBengkalis Tidak ada menyebutkan nama Caleg Calegnya. Selain itu juga dilakukan simulasinya pemilihan juga," tandasnya. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved