Siak

3 Poktan di Dayun Siak Riau Teken Kerjasama dengan BRG

Sebanyak 3 kelompok tani (Poktan) di kecamatan Dayun, kabupaten Siak kembali mendapat perhatian khusus dari Badan Restorasi Gambut (BRG).

3 Poktan di Dayun Siak Riau Teken Kerjasama dengan BRG
istimewa
FOTO ILUSTRASI - Kelompok tani. 

3 Poktan di Dayun Teken Kerjasama dengan BRG

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Sebanyak 3 kelompok tani (Poktan) di kecamatan Dayun, kabupaten Siak kembali mendapat perhatian khusus dari Badan Restorasi Gambut (BRG).

Bahkan mereka sudah meneken surat perjanjian kerja sama bertajuk revitalisasi ekonomi masyarakat 2019.

"Alhamdulillah, kerja sama tersebut sangat penting mengingat di Dayun lahan bergambut. Tujuan BRG tersebut sejalan dengan visi kita bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tidak merusak ekosistem gambut," kata Bupati Siak, Alfedri, Senin (8/4/2019).

Baca: Simpan Sabu di Jok Mobil, Pengguna dan Pengedar Sabu Pelalawan Riau Ini Dicokok Polisi

Ia mengucapkan terimakasih kepada kepala BRG RI Nazir Fuad yang selalu perhatian kepada kabupaten Siak. Kunjungan kerja Nazir Fuad terakhir ke Siak, Minggu (7/4/2019) dengan memberikan bantuan kepada masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di lahan gambut.

"Bantuan yang langsung diserahkan Bapak Nazir Fuad kepada masyarakat sudah banyak, eperti bantuan kanal, embung dan bantuan pengembangan komoditas seperti sapi dan lain sebagainya," kata dia.

Menurut Alfedri, revitalisasi lahan gambut sejalan dengan program kabupaten Siak yakni menjadi kabupaten hijau. Pihaknya sangat mendukung program BRG bersama tim. Sebab, BRG telah melakukan pengkajian bagaimana mengelola lahan gambut yang tetap terjaga kelestariannya.

"Agar masyarakat juga bisa mengambil nilai ekonominya, seperti menanam nenas,kopi dan lain-lain. Hal ini dalam rangka memberikan peningkatan ekonomi masyarakat juga," kata dia.

Nazir Fuad beserta rombongan datang ke kecamatan Dayun Kabupaten Siak meninjau bantuan sapi ternak yang sebelumnya diberikan kepada Poktan Maju Jaya. Nazir Fuad cukup gembira melihat perkembangan peternakan tersebut.

"Bantuan ini adalah salah satu program BRG yaitu program pengembangan lahan pertanian di lahan gambut," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved