Siak

Pelayanan Harus Terukur, Alfedri Berharap Akreditasi RSUD Tengku Rafian Naik Setingkat

Bupati Siak Alfedri mengharapkan tahun ini akreditasi RSUD Tengku Rafian naik setingkat.

Pelayanan Harus Terukur, Alfedri Berharap Akreditasi RSUD Tengku Rafian Naik Setingkat
istimewa
Bupati Siak Alfedri (tengah) menyambut kedatangan tim Survei Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 di RSUD Tengku Rafian, Siak, Selasa (9/4/2019). 

 TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri sambut kedatangan tim Survei Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 di RSUD Tengku Rafian, Siak, Selasa (9/4/2019).

Ia mengharapkan tahun ini akreditasi RSUD kebanggaan masyarakat Siak itu naik setingkat.

"Tim survei sudah datang melihat kondisi RSUD kita untuk penilaian akreditasi. Mudah-mudahan akreditasi kita naik," kata dia.

Ia mengatakan, meningkatkan akreditasi RSUD sangat penting untuk peningkatan standar-standar mutu pelayanan.

Masyarakat juga meningkat kepercayaannya terhadap layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Menurut Alfedri, mutu dan pelayanan itu harus teruji dan terukur berdasarkan mutu standar pelayanan kesehatan yang baik.

"Kita ingin meningkatkan standar akreditasi ini, yang saat ini statusnya masih dasar. Seharusnya inikan sudah melewati Pratama, Madia dan Paripurna, akreditasi ini didapat selama tiga tahun sekali," ungkapnya.

Berkaitan dengan perizinan, tahun lalu sudah dilengkapi oleh manajemen RSUD Siak. Ia mengharapkan tahun ini bisa Paripurna. Tim survei juga melihat komitmen Pemkab Siak dari sisi anggaran, sarana dan prasarana termasuk juga peningkatan SDM.

"Barangkali dalam rangka peningkatan kapasitas SDM, saya sampaikan tadi bisa diajukan di APBD Perubahan, berkaitan dengan pelayanan kesehatan kita memiliki proritas di bidang kesehatan, jadi silakan aja di ajukan," terangnya.

Terkait pengembangan RSUD Siak Alfedri ingin Siak sebagai kabupaten hijau. RSUD Siak diupayakannya juga ramah lingkungan dan menjadi RSUD hijau, sehingga pasien merasa puas dan nyaman.

Empat Hari di Siak

Ketua SNARS edisi 1 Tjut Maulina mengatakan, pihaknya akan berada selama 4 hari di Siak. Mereka berkeliling RSUD Tengku Rafi'an untuk melihat kebenaran dokumen dengan kenyataan di lapangan.

"Selama empat hari ke depan kami akan berkeliling untuk melihat dan mengecek, mohon komunikasi yang baik kepada semua staf. paripurna atau tidak paripurna itu merupakan hasil dari usaha rumah sakit ini sendiri," terangnya.

Maulina juga menyebutkan, kebanyakan rumah sakit yang sudah akreditasi semakin baik dalam segala aspek termasuk pelayanan dan fasilitas kesehatannya

"Kita mencoba seobjektif mungkin, bekerja sesuai standar opersional prosedur, sesuai juknis, mengenai hasilnya tergantung dari keseriusan RSUD ini," kata Maulina. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved