Polres Dumai Minta Laporkan Bila Ada Isu Kecurangan yang Bisa Memicu Kisruh

Polres Dumai bersama KPU, TNI dan Linmas menggelar simulasi mengatasi kerusuhan terkait pemilu 2019 di Bukit Gelanggang.

Polres Dumai Minta Laporkan Bila Ada Isu Kecurangan yang Bisa Memicu Kisruh
tribun pekanbaru
Suasana simulasi pengamanan kerusuhan pada pemilu 2019 yang digelar di Dumai, Kamis (11/4). 

tribunpekanbaru.com - Ratusan orang memadati Bukit Gelanggang Kota Dumai pada Kamis (11/4). Sayup-sayup terdengar teriakan amarah dan protes atas pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, yang terindikasi curang.

Ratusan orang dengan pakaian kasual sehari-hari itu berorasi bergantian menggunakan pengeras suara, ditimpali yel-yel yang memancing emosi satu sama lain.

Di sisi lain, puluhan personel Kepolisian bersama TNI dan Linmas, turun ke Bukit Gelanggang untuk menertibkan massa yang nampak akan memulai keributan. Benturan pun tak terelakkan. Kedua kelompok nampak adu kuat untuk mendominasi keributan itu.

Namun itu bukan keributan sebenarnya, karena itu hanya simulasi yang digelar Polres Dumai bersama dengan KPUD Dumai dan TNI, untuk pengamanan Pemilu 2019 di Kota Dumai.

Kapolres Dumai, AKBP Restika P Nainggolan usai kegiatan mengatakan, ada tiga ribuan tenaga kemananan dikerahkan untuk mengawal Pemilu 2019 di Dumai. "Dari kepolisian saja kita mengerahkan lebih dari 850 personel, ditambah unsur TNI dan Linmas, jumlahnya bisa mencapai tiga ribuan," ungkapnya.

Dijelaskan, ada 30-an kursi anggota dewan yang diperebutkan sekitar 400-an caleg di Dumai. Tentunya, hal tersebut memiliki potensi konflik.

Untuk mengantisipasinya, Kapolres mengimbau agar masyarakat turut serta meminimalisir terjadinya konflik, dengan cara memberi informasi kepada kepolisian maupun TNI dan Linmas, jika terjadi kecurangan atau hal tak wajar yang berpotensi memicu konflik.

"Tugas mengamankan pemilu tidak hanya jadi tugas kepolisian, TNI dan Linmas saja. Tapi juga seluruh masyarakat Dumai demi keamanan dan kenyamanan bersama. Jika mendengar isu ataupun kabar mencurigakan berpotensi konflik, segera laporkan. Sehingga bisa diambil tindakan sesuai aturan hukum," tambahnya.

Turut serta dalam kegiatan itu di antaranya Kapolres Dumai, Dandim 320/Dumai Letkol (Inf) Horas Sitinjak, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto, dan undangan lainnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved