Tekno

Ponsel Android Anda Bisa Dijadikan 'Kunci' Masuk ke Gmail dkk di Komputer atau PC, Ini Caranya

sistem keamanan ini cukup aman untuk mencegah orang yang tak berhak mendapatkan password akun orang lain dan coba membobolnya.

Ponsel Android Anda Bisa Dijadikan 'Kunci' Masuk ke Gmail dkk di Komputer atau PC, Ini Caranya
via Kompas.com
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Google mengumumkan terobosan baru untuk sistem keamanan. Perusahaan mesin pencarian tersebut mengumumkan bahwa ponsel Android kini bisa digunakan sebagai kunci keamanan fisik untuk otentikasi dua faktor (2FA).

Lebih spesifik lagi, ponsel Android yang dimaksud adalah versi Android 7.0 ke atas yang artinya mulai dari ponsel Android Nougat, Oreo, dan terakhir Android Pie.

Untuk menggunakan ponsel Android sebagai kunci log-in, hubungkan lebih dulu ponsel ke peramban Chrome di platform ChromeOS, macOS, atau Windows 10.

Baca: Samsung Segera Rilis Galaxy A20e, Berikut 3 Perbedaannya dengan Galaxy A20 Reguler

Verifikasi log-in akan dilakukan melalui koneksi Bluetooth yang sudah terhubung antara ponsel dan personal computer atau PC.

Sebelumnya, atur keamanan log-in di akun Google di tautan berikut.

Pilih opsi gunakan ponsel untuk masuk, lalu pilih siapkan, lanjutkan dengan ponsel mana yang ingin digunakan sebagai kunci kemanan fisik otentikasi dua langkah.
Pilih opsi gunakan ponsel untuk masuk, lalu pilih siapkan, lanjutkan dengan ponsel mana yang ingin digunakan sebagai kunci kemanan fisik otentikasi dua langkah. (Kompas.com)

Kemudian pilih opsi "Gunakan ponsel untuk masuk", lalu ikuti petunjuk yang tersedia dengan memasukan e-mail.

Setelah proses selesai, pengguna akan diminta verifikasi dari ponsel apakah menerima metode ini atau tidak.

Jika ingin melanjutkan tekan "ya" dan "tidak" untuk sebaliknya.

Log-in hanya bisa dilakukan untuk beberapa aplikasi besutan Google, seperti Gmail, G Suite, Google Cloud, dan beberapa layanan Google lain yang menggunakan standar otentikasi fast identity online alliance (FIDO).

Pilih Aktifkan untuk melanjutkan proses log-in, kemudian coba untuk masuk e-mail di desktop. Nantinya, ponsel akan menerima verifikasi apakah ingin meneruskan log-in ataukan menolaknya.
Pilih Aktifkan untuk melanjutkan proses log-in, kemudian coba untuk masuk e-mail di desktop. Nantinya, ponsel akan menerima verifikasi apakah ingin meneruskan log-in ataukan menolaknya. (Kompas.com)

Khusus pengguna Pixel 3, aktivasi kunci kemanan bisa dilakukan menggunakan tombol volume.

Baca: Usung Baterai Besar Layar Lebar Samsung Galaxy A70 Mulai Dijual di Indonesia 18 April, Ini Harganya

Halaman
12
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved