Riau Festival 2019: Menyulap Lokasi Bekas Kebakaran di Kampung Bandar Jadi Area Pameran Visual

RiauFest 2019 menggunakan puing-puing rumah tua bekas kebakaran di Kampung Bandar, Kota Pekanbaru, menjadi area pameran visual berupa foto dan mural

Riau Festival 2019: Menyulap Lokasi Bekas Kebakaran di Kampung Bandar Jadi Area Pameran Visual
istimewa
Penyelenggara Riau Festival atau “RiauFest” 2019 menggunakan puing-puing rumah tua bekas kebakaran di Kampung Bandar, Kota Pekanbaru, menjadi area pameran visual berupa foto dan mural. 

Riau Festival 2019: Menyulap Lokasi Bekas Kebakaran di Kampung Bandar Jadi Area Pameran Visual

TRIBUNPEKANBARU.COM - Penyelenggara Riau Festival atau “RiauFest” 2019 menyulap puing-puing rumah tua bekas kebakaran di Kampung Bandar, Kota Pekanbaru, menjadi area pameran visual berupa foto dan mural.

Foto-foto yang dipamerkan merupakan kolaborasi dari komunitas fotografi di Pekanbaru.

Foto tersebut menampilkan imaji bangunan arsitektur bersejarah yang ada di daerah itu, seperti Rumah Singgah Sultan Siak dan Rumah Tenun.

Pameran foto tersebut menarik perhatian pengunjung seperti dari komunitas blogger Pekanbaru hingga bintang tamu yang akan tampil, yakni bassis jazz nasional Bintang Indrianto.

“Saya terenyuh melihatnya karena ternyata lokasi pameran ini bekas rumah yang terbakar. Apalagi, itu rumah-rumah tua yang harusnya dilestarikan,” kata Bintang Indrianto.

Kampung Bandar merupakan daerah kota tuanya Kota Pekanbaru. Pada awal 2018, belasan rumah yang usianya ada yang sudah seabad, terbakar di daerah itu yang kini tinggal menyisakan tapak rumah panggungnya saja.

Baca: Riau Festival 2019: Kampung Bandar Pekanbaru Mulai Bersolek, Yuk Intip Ada Apa Aja!

Baca: VIDEO: Seni Mural Hiasi Kampung Bandar Kota Pekanbaru

Ketua Panitia RiauFest 2019 dari Komunitas Pekanbaru Heritage Walk (PHW), Mike Agnesia Kemilau, mengatakan di festival itu terdapat lokasi yang diberi nama Bandar Mural. Area itu merupakan reruntuhan bekas kebakaran yang akan menjadi bagian dari instalasi 144 karya seni yang dipajang di sana.

Pada saat acara berlangsung akan dilaksanakan jamuan masakan khas tradisional, yang akan diadakan di Pusat Kuliner.

Ia mengatakan Riau Festival adalah acara yang menggabungkan wisata budaya atau heritage dengan pendekatan modern yang bisa diterima anak muda generasi milenial.

Halaman
12
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved