Berita Riau

SK Embarkasi Haji Belum Keluar. Pemprov Pastikan Semua Syarat Sudah Selesai

Penetapan Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau belum jelas hingga Kamis (11/4/2019). Sebab hingga saat ini Surat Keputusan (SK) penetapan EHA belum keluar

SK Embarkasi Haji Belum Keluar. Pemprov Pastikan Semua Syarat Sudah Selesai
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Suasana Asrama Haji Provinsi Riau, Jalan Mekar Sari, Pekanbaru, Senin (11/2/2019). Pada tahun ini, asrama tersebut akan ditetapkan sebagai Embarkasi Haji Antara. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Penetapan Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau belum jelas hingga Kamis (11/4/2019).

Sebab hingga saat ini Surat Keputusan (SK) penetapan EHA belum juga dikeluarkan oleh Kementrian Agama (Kemenag).

Meski sebelumnya sempat dikabarkan jika SK penetapan embarkasi haji antara Riau sudah di meja menteri, namun belakangan ini dikabarkan, jika SK tersebut ternyata masih di bagian hukum.

"Pertama dapat informasi sudah di meja Menteri. Tapi setelah kita kontak, ternyata masih di meja Biro Hukum Kemenag proses harmonisasi," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin.

Baca: Latsar CPNS Pemprov Riau Didampingi Tentara. Wagubri Minta Disiplin

Baca: Hadapi Laga Bulan Puasa, Madura United Lakukan Persiapan Khusus

Namun pihaknya optimis dalam waktu dekat SK tersebut sampai ke meja Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin untuk ditandatangani bersama SK EHA sejumlah provinsi di Riau.

"Mudah-mudahan dalam waktu dua tiga hari ini SK sudah di meja Menteri, karena sekarang sudah di Biro Hukum. Kita berharap sebelum tanggal 15 April ini SK-nya sudah keluar. Karena SK itu ada kaitannya dengan lelang pesawat yang membutuhkan waktu 40 hari, dan persiapan lainnya," ujarnya.

Sementara, Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Syah Harrofie, membenarkan jika hingga saat ini pihaknya belum menerima SK penetapan EHA Riau dari Kementerian Agama RI.

Meskipun dirinya mengklaim seluruh persyaratan dan tahapan untuk mendapatkan SK itu saat ini sudah selesai.

Persyaratan terakhir yang baru saka diselesaikan Pemprov Riau, dalam rangka mendapatkan SK EHA Riau dijelaskan Ahmad Syah yakni penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) terpadu bersama pemerintah kabupaten/kota di Riau.

SOP terpadu tersebut meliputi simulasi-simulasi kedatangan dan keberangkatan para calon jamaah haji.

"Jadi semua syarat yang diminta Kementerian Agama sudah dilakukan. Termasuk simulasi para calon jamaah haji, baik itu kedatangan di embarkasi haji, keberangkatan ke bandara hingga cek kesehatan. Dalam kegiatan itu juga melibatkan seluruh biro haji kabupaten/kota di Riau," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved