Siak

624 Warga Tahanan Dijaga 9 Orang, Rutan Kelas II Siak Riau Over Kapasistas

Rutan klas II Siak Sri Indrapura, Riau over kapasitas. Seharusnya untuk 128 penghuni namun saat ini ditempati oleh 624 warga tahanan.

624 Warga Tahanan Dijaga 9 Orang, Rutan Kelas II Siak Riau Over Kapasistas
Net
Ilustrasi - sel tahanan. 

624 Warga Tahanan Dijaga 9 Orang, Rutan Kelas II Siak Riau Over Kapasistas

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Rumah Tahanan (Rutan) klas II Siak Sri Indrapura, Riau over kapasitas. Seharusnya untuk 128 penghuni namun saat ini ditempati oleh 624 warga tahanan.

Kepala Rutan Siak Gatot Suariyoko yang didampingi Kasubsi Pengelolaan, Darisman dan Kepala Kesatuan Pengamanan Mulyadi mengatakan, keadaan Rutan seperti itu sudah berlangsung lama.

Namun, ia meluncurkan berbagai program perawatan dan pembinaan warga tahanan, sehingga antara petugas dan warga tahanan mempunyai hubungan yang baik.

"Memang tidak imbang sebenarnya, baik kapasitas dengan jumlah tahanan maupun jumlah petugas dengan jumlah tahanan," kata dia, Jumat (12/4/2019).

Baca: VIDEO LIVE Streaming Trans7, MotoGP Americas 2019 Sirkuit Austin, Latihan Bebas 1, Jumat 21.55 WIB

Ia menerangkan, jumlah 1 regu penjaga Rutan sebanyak 9 orang. Sebanyak 9 orang itu disebar pula tempat tugasnya, yakni 2 orang setiap blok. Dalam 1 hari ada 3 kali sift untuk 3 regu.

"Setiap regu itu hanya 9 orang, bertugas secara bergantian. Bayangkan sebanyak 9 orang menjaga 624 orang warga tahanan. Tetapi Alhamdulillah, bisa imbang, bisa lancar dan aman," kata dia.

Memprihatinkannya, kamar dengan kapasitas 11 orang terpaksa diisi oleh lebih 40 orang. Di Rutan Siak hanya tersedia 19 kamar.

"Kalau tidur masih bisa, tapi kenyamanan mereka memang terganggu," kata dia.

Warga tahanan sebanyak 624 orang tersebut termasuk wanita dan anak-anak. Saat ini ada 12 orang anak menjadi warga tahanan. Pihaknya juga merencanakan akan memindahkan anak-anak yang sudah menjadi warga binaan atau mempunyai keputusan hukum tetap ke Lapas Pekanbaru.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved