Pekanbaru

Ada Gangguan Jaringan, 15 CCTV di Pekanbaru Tidak Beroperasi Optimal

100 unit CCTV atau kamera pengawas bakal dipasang tahun 2019 ini untuk memantau aktivitas di sejumlah titik prioritas.

Ada Gangguan Jaringan, 15 CCTV di Pekanbaru Tidak Beroperasi Optimal
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Aktivitas di Command Centre Pekanbaru saat mengawasi puluhan CCTV yang tersebar di Kota Pekanbaru. Ada 34 CCTV terkoneksi dan memantau aktivitas di sejumlah titik Kota Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Sebanyak 34 unit CCTV kini terpasang di puluhan titik di Kota Pekanbaru. Namun 15 di antaranya dalam kondisi tidak optimal karena jaringan internet tidak beroperasi dengan baik.

"Jadi 15 unit CCTV ini dalam tahap penggantian jaringan internet," Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik atau Diskominfosantik Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra, Jum'at (12/4/2019).

Menurutnya, dinas melakukan penggantian jaringan dari jaringan radio ke jaringan Fiber Optic atau Serat Optic. Penggantian ini agar jaringan intenet yang tersambung ke CCTV bisa lebih stabil.

"CCTV yang dengan koneksi jaringan radio dipengaruhi oleh cuaca dan angin. Jaringan CCTV rawan terganggu," terangnya.

Eka tidak menampik masih ada CCTV yang terkendala saat gangguan listrik. Kondisi itu juga terjadi karena ada gangguan jaringan listik.

Diskominfosantik Kota Pekanbaru berupaya untuk membenahi operasional CCTV. Sebab puluhan unit CCTV sudah terkoneksi dengan Command Centre.

Baca: VIDEO: Wako Pekanbaru Sebut Aparat Keamanan Sudah Petakan Kerawanan Saat Pemilu 2019 

"Intinya kami lakukan banyak pembenahan, agar CCTV bisa beroperasi dengan optimal," terangnya.

Menurut Firmansyah Eka Putra, 100 unit CCTV atau kamera pengawas bakal dipasang tahun 2019 ini. Ratusan kamera pengawas ini untuk memantau aktivitas di sejumlah titik prioritas.

Ada rencana kamera pengawas ini bakal dipasang di titik persimpangan, titik keramaian, titik rawan kejahatan hingga titik rawan banjir.

"Jadi penambahan ini untuk mengoptimalkan pemantauan titik yang belum ada CCTV," tambah Firmansyah Eka Putra.

Halaman
123
Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved