Belasan Unit Kamera CCTV di Pekanbaru tak Beroperasi. Ini Penyebabnya

Dari jumlah itu, 15 di antaranya dalam kondisi tidak optimal. Kamera pengawas itu dalam kondisi mati karena matinya jaringan internet

Belasan Unit Kamera CCTV di Pekanbaru tak Beroperasi. Ini Penyebabnya
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Alat Area Traffic Control System (ATCS) dipasang di median jalan simpang Jalan Gajah Mada-Dipenogoro, tepat di seberang Rumah Dinas Gubenur Riau, Pekanbaru, Selasa (30/10/2018). ATCS adalah sebuah sistem untuk mengontrol arus lalulintas di lokasi padat kendaraan dari jarak jauh menggunakan bantuan kamera CCTV. Pemantauan alat tersebut dapat langsung dilakukan melalui ruang kontrol CCTV di kantor Dishub Pekanbaru.  (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU-Sebanyak 34 unit CCTV kini terpasang di puluhan titik di Kota Pekanbaru.

Dari jumlah itu, 15 di antaranya dalam kondisi tidak optimal. Kamera pengawas itu dalam kondisi mati karena matinya jaringan internet yang terhubung ke kamera tersebut.

"Jadi 15 unit CCTV ini dalam tahap penggantian jaringan internet," Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra, Jumat (12/4/2019).

Menurutnya, dinas melakukan penggantian jaringan dari jaringan radio ke jaringan Fiber Optic atau Serat Optic.

Penggantian jaringan ini agar jaringan intenet yang tersambung ke CCTV bisa lebih stabil.

"CCTV yang dengan koneksi jaringan radio dipengaruhi oleh cuaca dan angin, sehingga jaringan CCTV rawan mengalami gangguan," terangnya.

Eka tidak menampik masih ada CCTV yang terkendala saat gangguan listrik. Kondisi itu juga terjadi karena ada gangguan jaringan listik, atau mati lampu.

Diskominfosantik Kota Pekanbaru berupaya untuk membenahi operasional CCTV. Sebab puluhan unit CCTV sudah terkoneksi dengan Command Centre.

"Intinya kami lakukan banyak pembenahan, agar CCTV bisa beroperasi dengan optimal," terangnya.

Saat ini ada 12 operator yang bertugas di sana. Mereka melakukan pantauan lewat CTTV. Para operator memantau kondisi terkini lalu lintas dan keamanan lewat kamera pengawas.

Sementara itu, keberadaan command centre juga berfungsi untuk mengembangkan aplikasi pemerintah untuk layaman publik.

Di sana juga terdapat ruang rapat berbasis data dan cepat akurat.

Saat ini terdapat video wall yang merupakan susunan dari 24 layar monitor. Ada juga 12 monitor para operator. Monitor ini terdapat komputer induk sebagai kendali dari monitor.

Data di command centre tersimpan di server yang ada di balik layar video wall, ada juga ruang rapat berbasis data.(*)

Penulis: Fernando
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved