Diduga Tak Punya Izin Operasional, Pelabuhan Pulai Bungkuk, Sudah Setahun Operasional

Pelabuhan di Pulai Bungkuk, Mundam, Dumai, diduga belum punya izin operasional pelabuhan, namun sudah sekitar setahun operasional.

Diduga Tak Punya Izin Operasional, Pelabuhan Pulai Bungkuk, Sudah Setahun Operasional
tribun pekanbaru
Suasana bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Pulai, Mundam, Kota Dumai. Pelabuhan ini diduga belum kantongi izin operasional pelabuhan dari Kemenhub. 

tribunpekanbaru.com - Sebuah pelabuhan berdiri di Pulai Bungkuk, Mundam, Kota Dumai, sejak setahun belakangan. Diduga, pelabuhan bongkar muat tersebut belum memiliki izin operasional resmi dari Kementerian Perhubungan.

Pantauan Tribun di pelabuhan tersebut, banyak material berupa bebatuan disusun rapi di kawasan pelabuhan yang tak memiliki dermaga tersebut.

Ketua Indonesia National Ship Owner (INSA) Dumai, Herman Buchari, Jumat (12/4) menjelaskan, aktifitas pelabuhan semestinya dilengkapi tata aturan menyangkut operasional aktifitasnya.

"Biasanya, izin operasional pelabuhan dikeluarkan Menteri Perhubungan. Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) hanya mengeluarkan Surat Pengawasan. Jika tak ada Izin Operasional Pelabuhan, tetap saja tak bisa dikeluarkan Surat Pengawasannya," sebut Herman.

"Apalagi kalau hanya sekedar perintah lisan. Itu tak termasuk izin yang bisa dipertanggungjawabkankan," tambahnya.

Dipaparkan, Izin Operasional Pelabuhan umumnya dikeluarkan dengan menyesuaikan jenis pelabuhannya. "Jika pelabuhannya untuk bongkar muat material, ya hanya boleh bongkar muat itu saja. Tak boleh yang lain dan tak dapat dicampur," papar Herman.

Ditegaskan, sepanjang tak memiliki perizinan terkait status operasional, pelabuhan di Tanjung Pulai tersebut tergolong sebagai pelabuhan tikus alias ilegal.

"Apalagi jika di pelabuhan menerapkan berbagai biaya administrasi seperti biaya sandar, bongkar muat dan lain-lain. Sudah jelas itu menyalahi aturan dan harusnya ditindaklanjuti pihak KSOP sebagai otoritas berwenang," tuturnya.

Herman berharap KSOP Dumai tegas terhadap aktifitas pelabuhan ilegal di wilayah Kota Dumai, agar tidak merugikan pelaku usaha pelayaran maupun pendapatan negara.

KSOP Dumai disarankan melakukan penindakan terhadap aktifitas bongkar muat di pelabuhan Tanjung Pulai. Sebab jika terus-terusan dibiarkan akan merugikan negara, karena tak ada pendapatan dari aktifitas tersebut.

"Sebaiknya KSOP segera ambil tindakan agar tidak menimbulkan kerugian lebih banyak lagi, baik pada negara maupun pelaku bisnis pelayaran," katanya.

Kepala KSOP Dumai, Sanggam Marihot ketika dihubungi belum bisa berkomentar. Ketika coba dikonfirmasi baik melalui telpon dan pesan pendek belum mendapatkan tanggapan. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved