Berita Riau

OJK Dirikan BMW di Rohul dan Siak, Masyarakat Bisa Memperoleh Modal Usaha Kebun Sawit dan Gorden

OJK meresmikan dua Bank Wakaf Mikro (BMW), yakni BWM Al Hidayah di Rohul dan BWM Fajar Pelita Harapan di Siak.

OJK Dirikan BMW di Rohul dan Siak, Masyarakat Bisa Memperoleh Modal Usaha Kebun Sawit dan Gorden
Istimewa
Peresmian BWM Al Hidayah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dan BWM Fajar Pelita Harapan di Kabupaten Siak, oleh OJK. 

OJK Dirikan BMW di Rohul dan Siak, Masyarakat Bisa Memperoleh Modal Usaha Kebun Sawit dan Gorden

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Mendorong perkembangan ekonomi Syariah di Bumi Lancang Kuning, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kembali meresmikan dua Bank Wakaf Mikro (BMW), yakni BWM Al Hidayah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dan BWM Fajar Pelita Harapan di Kabupaten Siak.

Dalam keterangan OJK Provinsi Riau yang Tribun terima pada Jumat (12/4/2019), peresmian BMW di dua daerah itu merupakan upaya berkelanjutan dalam pembentukan BWM di daerah-daerah terpencil. Khususnya yang belum tersentuh lembaga keuangan formal.

Ekonomi di Daerah memiliki potensi yang sangat luar biasa. Hadirnya BMW dipercaya dapat pemberdayaan ekonomi di daerah dalam rangka menurukan tingkat kemiskinan serta menambah kesejahteraan masyarakat.

Baca: 9 Hari Potongan Kepala Guru Horoner Disimpan Pelaku di Lokasi Ini, Badan Dimasukkan Dalam Koper

Hadir dalam peresmian, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Gubernur Riau Syamsuar, Anggota Komisi XI DPR Jon Erizal, Bupati Rokan Hulu Sukiman, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu Kelmi Amri, Pimpinan Majelis Zikir Al Hidayah Rokan Hulu Erizal, Pimpinan Pondok Pesantren Fataha Siak Khairul Akbyar, keluarga besar pondok pesantren serta para pejabat Otoritas Jasa Keuangan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, nasabah BWM Al-Hidayah dapat dimanfaatkan sebagai pinjaman modal usaha penanaman sawit.

Sedangkan nasabah BWM Fajar Pelita Harapan dapat memanfaatkannya sebagai modal untuk usaha gorden.

"Total BMW yang didirkan OJK dengan hadirnya dua BMW ini sebanyak 43 di seluruh Indonesia. Kami melihat potensi pengembangan BMW di Riau cukup besar karena ini berkaitan dengan potensi ekonomi umat. Apalagi ditambah dengan jumlah pondok pesantren dan jumlah penduduk muslim yang cukup banyak di Riau," papar Wimboh Santoso.

Berdasarkan data OJK, di Kabupaten Rokan Hulu, pertumbuhan ekonominya dalam 5 tahun terakhir rata-rata hampir 6,5%. Sektor agraris adalah yang paling mendukung pertumbuhan tersebut.

"Terutama dari perkebunan kelapa sawit dan perkebunan karet," ulasnya.

Baca: LINK LIVE STREAMING Singapore Open 2019 Babak Perempat Final, Laga Derbi Marcus/Kevin vs Fajar/Rian

Wimboh Santoso menuturkan, apresiasi dari banyak pihak atas pendirian BMW ini menjadi semangat OJK untuk terus menambah jumlah BMW di tanah air.

Termasuk daerah lainnya di Riau.

Tentu, OJK pun berharap dukungan dan peran para donatur untuk berdonasi agar BMW dapat berkembang lebih pesat. (Tribunpekanbaru.com/Hendri Gusmulyadi)

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved