Optimalkan Partisipasi Pemilih, KPU Pekanbaru Gelar Konser Pemilu. Hadirkan Doni Sibarani

Jelang hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru akan menggelar konser musik pada Sabtu (13/4/2019) malam.

Optimalkan Partisipasi Pemilih, KPU Pekanbaru Gelar Konser Pemilu. Hadirkan Doni Sibarani
Tribun Batam
Pemilu serentak 2019 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Jelang hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru akan menggelar konser musik pada Sabtu (13/4/2019) malam.

Konser musik yang bertemakan 'Pemilih Berdaulat Negara Kuat, Pilih yang Jujur' ini akan digelar di Bandar Seri di kawasan Anjung Seni Idrus Tintin.

Komisioner KPU Kota Pekanbaru, Yelly Nofiza mengatakan, di sela-sela konser, KPU akan melakukan sosialisasi terkait Pemilu 2019.

Yelly mengakui konser musik ini digelar dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

"Semua KPU di Indonesia juga melakukan hal yang sama. Hal itu juga dilakukan oleh KPU Riau," ujar Yelly, Jumat (11/4/2019).

Yelly menjelaskan, konser ini menghadirkan Doni Sibarani, mantan personil Ada Band, dan Troya Band. Selain menggelar konser, untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, KPU Riau juga telah gencar melakukan even-even yang melibatkan masyarakat, seperti Run Pemilu 5K dan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Selain turun langsung, KPU Kota Pekanbaru juga mengerahkan Tim Relawan Demokrasi untuk memaksimalkan sosialiasi.

"Semua basis yang tergabung dalam Tim Relawan Demokrasi jauh-jauh hari sudah turun ke wilayah tugasnya masing-masing untuk meningkatkan partisipasi pemilih," ujar Yelly.

Dengan gencarnya sosialiasi yang dilakukan, Yelly optimis KPU Kota Pekanbaru mampu meraih target partisipasi nasional yang ditetapkan KPU RI sebesar 77,5 persen.

Apalagi, dalam Pemilu 2019 ini, pemilih yang belum memiliki KTP-el diperbolehkan menggunakan Suket.

"Tentunya Suket yang diterbitkan oleh Disdukcapil," ujarnya.

Yelly menjelaskan, pada Pilgub Riau 2018 lalu, partisipasi pemilih mencapai 62 persen.

Persentase ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan Pemilihan Walikota Pekanbaru tahun 2017 lalu sebanyak 51,9 persen.

"Bercermin pada dua Pilkada tersebut, kami optimis pada Pemilu nanti target partisipasi nasional tercapai di Pekanbaru," ujar Yelly.(*)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved