Pekanbaru

Sempat Dibuka, U-Turn Dibawah Flyover Simpang Mal SKA Ditutup Kembali, Ini Alasannya

Untuk pembukaan u-turn dibawah jembatan layang tersebut dilakukan secara situasional melihat kepadatan arus lalulintas yang ada.

Sempat Dibuka, U-Turn Dibawah Flyover Simpang Mal SKA Ditutup Kembali, Ini Alasannya
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Suasana arus lalu lintas di kawasan dekat fly over Simpang SKA, Kamis (14/2/2019) lancar. Tampak sejumlah kendaraan melintas di sana. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setelah sempat dibuka beberapa waktu lalu. Saat ini u-turn yang ada dibawah jembatan layang atau Flyover Simpang Mal SKA Pekanbaru kembali ditutup.

Penutupan u-turn tersebut disebut sebagai salah satu upaya rekayasa lalulintas yang ada disekitar persimpangan Jalan Tuanku Tambusai dan Soekarno-Hatta tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Tuafiq OH, Jumat (12/4/2019) mengatakan, setelah dilakukan kajian rekayasa lalulintas dipersimpangan jalan tersebut beberapa waktu lalu.

Untuk pembukaan u-turn dibawah jembatan layang tersebut dilakukan secara situasional melihat kepadatan arus lalulintas yang ada.

"Jadi sebenarnya, kan boleh-boleh saja dibuka atau ditutup, karena ketentuannya kan bisa melihat situasi yang ada. Jadi u-turn itu bukan tidak difungsikan sama sekali," katanya.

Baca: VIDEO: Wako Pekanbaru Sebut Aparat Keamanan Sudah Petakan Kerawanan Saat Pemilu 2019 

Menurut Taufiq, u-turn tersebut akan berfungsi pada saat-saat tertentu seperti saat arus lalulintas padat disekitar lokasi.

Karena menurutnya, filosofi u-turn adalah bentuk tundaan.

Karena disekitar u-turn pastinya pengendara akan menurunkan kecepatan untuk berbalik arah.

"Kawan-kawan Dinas perhubungan kota Pekanbaru melihat untuk saat ini u-turn tersebut pada situasi tertentu lebih baik ditutup. Tapi pada saat tertentu memungkinkan juga untuk dibuka," ujarnya.

Dijelaskan Taufiq, disetiap jembatan layang dibawahnya harus ada u-turn.

Karena tujuannya untuk pemecah arus jika terjadi kepadatan arus lalulintas.

Jadi jika arus lalulintas padat, ada tempat untuk beralih kejalur lain yang lebih lancar.

Baca: Asyik, Member TFC Bisa Dapat Layanan Air Side di Blue Sky Premier Lounge Bandara SSK II Pekanbaru

"Kalau saya sebagai ahli traffic, saya mencegah untuk adanya u-turn. Tapi harus disiapkan untuk antisipasi terhadap kondisi terburuk, jadi harus ada tempat untuk melepas arus lalulintas," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved