Berita Riau

VIDEO: LAM Riau Keluarkan Warkah Jelang Pemilu 2019 kepada Masyarakat, Ini Isinya!

Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau mengeluarkan Warkah atau Petuah amanah untuk masyarakat Riau Jelang pelaksanaan Pemilu 2019 Kamis (11/4).

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau mengeluarkan Warkah atau Petuah amanah untuk masyarakat Riau Jelang pelaksanaan Pemilu 2019 Kamis (11/4).

Ada lima butir warkah Petuah tersebut yang langsung dikeluarkan Majelis Kerapatan Adat (MKA) setelah melihat situasi di lapangan saat ini.

Adapun butir petuah LAM tersebut diantaranya pertama Supaya masyarakat Riau menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu dan Pilpres sesuai dengan hati nurani tanpa merasa ada tertekan dalam bentuk dan ukuran apapun sebagai tanggungjawab warga negara yang dilindungi oleh UU serta ketentuan.

Kemudian Peserta dan pendukung Pemilu agar senantiasa menjaga ketertiban umum dan kepatutan pergaulan dalam menjalankan program masing-masing untuk menjaring pemilih.

Selanjutnya menghindar fitnah memfitnah baik sesama peserta maupun pendukung pemilihan umum yang dimaksud, sehingga tetap terjaganya hubungan baik sesama warga negara didaerah maupun antar daerah dan Nasional.

Baca: Setelah Redmi Note 7, Redmi Bakal Siapkan Ponsel Khusus Selfie dengan Kamera 32 Megapiksel

Baca: VIDEO Arema FC Vs Persebaya Surabaya Link Live Streaming Indosiar, Kick Off Pukul 20.00 WIB

Baca: VIDEO Ramalan Zodiak Hari Ini (12/4) Keuangan Scorpio Sedang Sulit, Usaha Virgo Berakhir Sia-sia

Baca: VIDEO Siaran Langsung Debat Capres Kelima Pilpres 2019, Jokowi vs Prabowo, Maruf vs Sandiaga

Petuah keempat peserta pemilihan umum diharapkan tidak melakukan kecurangan dalam bentuk apapun baik dalam bentuk menyogok suara maupun dalam penghitungan suara atau tindakan tindakan melawan hukum lainnya sehingga merugikan sesama anak bangsa.

Sedangkan Petuah terakhir meminta masyarakat untuk menjaga kerukunan yang sudah terbina selama ini baik sebelum Pemilu maupun setelah pemilu.

"Kami berharap warkah ini bisa menciptakan suasana yang kondusif pada masyarakat di Pemilu ini, karena saya yakin banyak masyarakat tidak nyaman dengan kondisi sekarang ini dan ingin segera berakhir Pemilu ini, "ujar Ketua MKA LAM Riau Al Azhar kepada Tribunpekanbaru.com.

Al Azhar juga menyebutkan hendaknya setelah pemilu, semula yang sempat retak dan pecah tersebut bisa disambung kembali, dan dihilangkan permusuhan.

" Dirajut kembali persatuan itu, jangan sampai kita terpecah karena Pemilu, "ujarnya.
(Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved